Pariwara
Kesehatan

Hati-Hati! Makanan Ini Tingkatkan Resiko Terkena Kanker

KENDARIPOS.CO.ID — Jenis makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau diasapi memang rasanya nikmat dan menggugah selera. Sebut saja barbecue atau sate atau daging panggang adalah makanan yang populer di kalangan masyarakat kita. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahaya di balik konsumsi makanan yang diolah dengan cara di atas. Padahal, dampak buruk yang ditimbulkan tehadap tubuh bukanlah main-main.

Melansir Authority Nutrition, pada daging yang dimasak dalam suhu yang tinggi, maka akan menyebabkan kontak antara lelehan lemak daging dengan permukaan grill atau wajan yang digunakan.

Lemak yang bersentuhan dan menumpuk pada permukaan inilah yang nantinya akan membentuk zat berbahaya bernama polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) yang memuai dan meresap ke dalam daging.

PAH sendiri adalah karsinogen yang bertanggungjawab atas terbentuknya sel kanker pada tubuh manusia, zat yang sering tidak disadari atau mungkin sudah sadari namun terabaikan, masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan seperti sate, barbecue atau jenis konsumsi makanan lain yang melibatkan proses pemanggangan.

Meski bahanyanya nyata, namun bukan berarti Anda harus menghindari jenis makanan ini, hanya saja akan lebih aman jika Anda sendirilah yang bertanggungjawab dalam proses memasaknya, tentunya dengan membersihkan lelehan lemak pada perangkat memasak Anda guna mengurangi pembentukan PAH setidaknya sebesar 89 persen.

Perlu diketahui juga, memasak daging dalam temperatur tinggi juga akan akan membentuk heterocyclic amines (HA) atau yang terlihat sebagai bagian daging yang berwarna kehitaman (gosong), juga dikaitkan dengan resiko kanker.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top