Pariwara
Konawe Utara

Kepala Bappeda Konut : Prioritas Pembangunan Desa Harus Sinkron dengan Daerah

Antariksa, Kepala Bappeda Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan infrastruktur masih menjadi titik prioritas yang akan dituntaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Kebijakan tersebut terungkap dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang baru-baru ini dilaksanakan di Kecamatan Oheo. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Konut, Antariksa, menuturkan jika Musrenbang merupakan rutinitas tahunan yang dilaksanakan dalam rangka koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Konut 2019 sesuai rencana kerja (Renja) SKPD.

“Salah satu input dari hasil kesepakatan Musrenbang kecamatan yakni memantapkan pembangunan yang merata dan berkualitas untuk mendorong perekonomian daerah,”ujar Antariksa, Jumat (2/3/2018). Target Pemkab Konut pada tahun 2019, kata mantan staf ahli Setkab Konut itu, semua sektor pembangunan dalam kehidupan masyarakat dapat merata dan berkualitas. Karena kedepannya, masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. Mulai dari menurunkan kemiskinan, peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas serta menurunkan ketimpangan wilayah melalui pembangunan infrastruktur yang memadai. Termasuk mencari nilai tambah dari potensi sumber daya alam. “Perbaikan pelayanan pada masyarakat juga merupakan sebagian dari tantangan yang harus diselesaikan,” ujar mantan Sekretaris Bappeda Konut itu.

Antariksa menyebut jika alokasi dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat di Konut mencapai Rp 110,38 miliar. Anggaran itu, kata Antariksa harus dipergunakan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel bagi pembangunan di desa. Makanya, pembangunan yang dibiayai menggunakan dana desa (DD) harus sinkron dan bersinergi dengan program prioritas pemerintah daerah. “Semua usulan yang prioritas tidak mungkin bisa direalisasikan dalam waktu singkat. Mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab. Sehingga diperlukan kejelian dalam menilai prioritas pembangunan,” harap Antariksa. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top