Pariwara
Bombana

Bupati Bombana : Ingat ! Dana Desa Bukan Milik Pak Kades

Bupati Bombana, H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi seluruh kepala desa (Kades) di Kabupaten Bombana, diimbau berhati-hati mengelola dana desa (DD) yang tahun 2018 ini totalnya mencapai Rp 90 miliar. Akan ada banyak lembaga yang memantau Kades dalam penggunaan DD agar sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permen-DPDTT) nomor 19 tahun 2017 tentang penetapan prioritas dana desa. Ancaman pidana mengintai Kades yang menyelewengkan DD.

Imbauan tersebut disampaikan langsung Bupati Bombana, H. Tafdil. “Aturan tentang pengelolaan DD sangat ketat. Salah satunya dalam pertanggungjawaban yang sesuai dengan apa yang dilaksanakan di lapangan. Dana desa ini sangat besar, belum lagi ada anggaran Gembira Rp 60,9 miliar untuk dikelola pemerintah desa. Jadi harus hati-hati jangan sampai asal-asalan kerjanya, pidana itu sasarannya,” kata Tafdil mengingatkan, kemarin.

Ia menegaskan, pengelolaan dana desa harus melibatkan dan juga diawasi oleh warga. “Jadi kalau swakelola, ya swakelola. Jangan dipihak ketigakan. Karena pertanggungjawabannya bagaimana. Kenapa harus swakelola, karena harus melibatkan masyarakat. Ingat uang ini bukan untuk pak Kades tapi seluruh masyarakat desa,” tegas Bombana-1 tersebut.

Ketua DPD PAN Bombana itu juga menjelaskan, dalam pengelolaan DD seluruh Kades diawasi banyak lembaga, salah satunya KPK dan tim Saber Pungli. Dua lembaga tersebut selalu mengawasi dengan intens penggunaan DD disebuah desa. “Jadi harus hati-hati soalnya DD itu amanah pemerintah untuk dikelola baik-baik dengan tujuan kemajuan desa. Jadi kalau disalahgunakan berarti merugikan negara, dan pidana ancamannya,” tandas Tafdil. (c/kmr)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top