Pariwara
Kolaka Utara

Nelayan Kolut Dijatah 11 Perahu Fiber

Perahu Fiber bantuan tahun lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 11 unit perahu bantuan jenis fiber akan diserahkan ke kelompok nelayan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada tahun 2018 ini. Pengadaannya menggunakan dua sumber pendanaan yakni APBN dan APBD. Kepala Dinas Perikanan Kolut, Muhlis Usman, melalui Kasi Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, Sumardi, menjelaskan, untuk bantuan pusat dengan dana APBN sebanyak 10 unit berkapasitas 2 gross tonnage (GT). Anggarannya sebesar Rp 350 juta atau perunitnya masing-masing Rp 35 juta. “Dibuat di Kolut,” katanya, Jumat (2/3/2018).

Melalui APBD juga akan dibuat satu unit dengan kapasitas lebih besar yakni 4 GT dengan besar anggaran Rp 190 juta. Dananya lebih besar mengingat akan diserahkan beserta kelengkapan alat melaut untuk kelompok nelayan. Selain perahu, alat tangkap ikan juga diadakan tahun ini berupa pukat 17 unit dengan ukuran dua kategori yakni dua inci dengan anggaran Rp 23 juta dan dua tiga perempat inci senilai Rp 51 juta. Selanjutnya ada pengadaan tiga unit pancing rawe dengan anggaran Rp 11 juta. Masih ada tambahan lagi untuk alat tangkap ikan seperti pukat yang akan diperbantukan bagi nelayan Desa Pitulua.

“Bantuan berdasarkan usulan kelompok nelayan dan belum ditentukan kapan waktu penyerahannya,” ujarnya. Sumardi berharap bantuan pemerintah tersebut bisa dimanfaatkan kelompok nelayan sesuai fungsinya dan untuk kelompoknya masing-masing. Ia tidak ingin mendengar bantuan tersebut usai diterima justru tak dimanfaatkan kelompoknya, tapi dimiliki pihak lain. “Masyarakat harus mengawasi,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top