Pariwara
Kolaka Utara

Sungai di Kolut Meluap, 45 Rumah Terendam

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Sisa-sisa banjir yang menggenangi bangunan warga di Kolaka Utara, kamis (1/3)

KENDARIPOS.CO.ID — Intensites hujan yang tinggi dan berlangsung lama di Kolaka Utara (Kolut) membuat debit air dari pegunungan meningkat. Kondisi tersebut membuat 45 rumah warga Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua terendam air luapan sungai hingga setinggi lutut orang dewasa, sejak Rabu (28/1) malam lalu. Meluapnya sungai desa setempat karena dimensi yang tidak sebanding dengan debit air dari lereng perbukitan. Ditambah lagi sejumlah potongan dahan dan pohon menyumbat kolom jembatan hingga air mengalir masuk ke kompleks pemukiman.

Jembatan di Dusun II Kirambu diduga kurang lebar hingga memudahkan sampah pepohonan terhambat. Kapolsek Lasusua, Ipda Jamarin Riche, telah mengutus anggotanya melakukan patroli ke rumah-rumah warga pasca tergenang air luapan. Tidak ada korban jiwa namun cukup mengotori lantai 45 rumah warga setempat. “Sudah surut kembali,” ujarnya, Kamis (1/3).

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas bersama Kepala BPBD, Hardi, juga telah memantau langsung lokasi pemukiman yang terendam air pukul 23.00 Wita malam itu. Hari ini Abbas kembali ke lokasi dengan menyisir sungai di sepanjang desa. Dilihatnya sungai-sungai yang menyempit hingga meminta agar segera dinormalisasi.

Hardi mengutarakan telah melakukan pembersihan di jembatan Ponggiha dan masuk hingga pangkal pemukiman di sepanjang aliran sungai. Untuk sementara di sekitar BTN Balosi akan dilakukan normalisasi kurang lebih 150 meter sebagai upaya penanganan darurat. “Alat beratnya telah bergerak ke lokasi. Untuk data pasti total rumah yang terendam masih sementara dirampungkan apakah masih ada tambahan atau tidak,” ujarnya.

Selain itu di Watuliwu juga kondisi jembatan setempat di sekitar bendungan cukup mengkhawatirkan, sehingga akan mendapat perhatian. Masyarakat diminta waspada bencana, baik banjir maupun longsor mengingat intensitas hujan saat ini cukup tinggi. “Sudah disampaikan ke semua Kades agar diketahui masyarakat Kolut pada umumnya,” pungkasnya. Terlihat masyarakat Ponggiha membersihkan kediaman masing-masing. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top