Pariwara
Nasional

Pimpin BNN, Heru Winarko Siap Perangi Narkoba

Kepala BNN bersalaman dengan Presiden usai proses pelantikan

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Narkotika Nasional yang baru dilantik Presiden Joko Widodo, Kamis (1/3) pagi tadi, Inspektur Jenderal Heru Winarko, mengaku tidak asing dengan bidang tugas di lembaga yang kini dia pimpin. Hal ini disampaikan Heru, ketika diminta responsnya mengenai syarat menjabat kepala BNN sesuai aturan perundang-undangan, salah satunya dua tahun berturut-turut bertugas di bidang narkoba. “Kalau saya selama 33 tahun (di Polri) saya banyak di bidang reserse, di situ juga narkoba,” jawab Heru usai pelantikannya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Terkait adaptasinya dari KPK ke BNN, Heru juga menilai pola penanganan kasus di kedua lembaga itu tidak jauh berbeda penanganannya. Tahapannya juga sudah jelas. “Ada aduan masyarakat, penyelidikan, penyidikan. Saya kira itu standar dalam penegakan hukum. Tapi juga BNN dan KPK tidak jauh berbeda, di sana ada pencegahan, di KPK juga ada pencegahan,” jelas mantan Kapolda Lampung ini.

Sementara itu, Komjen (Purn) Budi Waseso mengaku memiliki banyak titipan untuk Irjen Pol Heri Winarko yang menggantikannya sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Titipan pria yang kondang disapa dengan panggilan Buwas itu adalah soal kinerja BNN. “Banyak. Nanti mungkin banyak hal yang harus saya sampaikan ke pengganti saya karena itu harus ada yang dilanjutkan, ditingkatkan,” ucap Buwas di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3).

Menurutnya, banyak hal di BNN yang masih harus dibenahi. Di antaranya meningkatkan kemampuan aparatur dan fasilitas di lembaga pemburu bandar dan pengedar narkoba itu. “Banyak hal yang harus ditingkatkan termasuk sarana prasarana yang lain. Antara lain gedung BNN,” sebut mantan Kabareskrim Polri itu.

Sedangkan soal peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan (lapas), Buwas secara tegas menyatakan bahwa itu bukakn urusan BNN untuk membenahinya. Sebab, hal itu juga terkait dengan sistem pengelolaan lapas. “Soal lapas bukan urusan saya, kemarin kami juga masih tangkap jaringan, ini hubungan dengan lapas. Kemudian pemeriksaan Kemenkumham juga diakui dua sipir lepas pengedar narkoba yang kami tangkap. Jadi banyak hal harus dibenahi,” jelasnya.(fat/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top