Pariwara
Kesehatan

Manfaat Menyusui Anak Bagi Sang Ibu

KENDARIPOS.CO.ID — Menurut sebuah studi terbaru, ibu yang memiliki tekanan darah yang sehat selama masa kehamilan serta memberi air susu ibu (ASI) selama enam bulan atau lebih, secara signifikan meningkatkan produksi kolesterol baik pada tubuhnya termasuk memangkas peredaran lemak yang merugikan.

Bahkan menurut studi itu, mereka yang secara alami menyusui anaknya, dapat membantu mencegah penebalan pada pembuluh darah karotid.

“Studi ini menambah sederet bukti penting tentang manfaat menyusui, tidak hanya bagi sang bayi saja, namun juga terhadap sang ibu itu sendiri,” kata lead author Dr Malamo Countouris dari University of Pittsburgh seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Mengapa baik juga bagi sang ibu, menurut penelitian itu, karena menyusui dapat menstimulasi pelepasan hormon oksitisin, yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah.

temuan ini dipresentasikan pada American College of Cardiology’s 67th Annual Scientific Session.

Temuan ini tentunya menambah daftar manfaat ASI bagi ibu menyusui. Sebelumnya di tahun 2017 lalu, sebuah studi melaporkan bahwa menyusui juga memberikan perlindungan terhadap ibu dengan menghentikan menstruasi yang sering dikaitkan dengan produksi hormon estrogen.

Perlu diingat, kadar estrogen yang tinggi pada wanita sebelumnya dikaitkan dengan meningkatnya resiko seseorang terkena kanker payudara.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top