Pariwara
Buton

Warga Buton Sorot Aktivitas Pembalakan di HKm

WA ODE AMALA/KENDARI POS Aksi unjuk rasa warga Desa Waoleono, Kecamatan Lasalimu, menyoroti aktivitas pembalakan kayu oleh oknum-oknum di atas hutan kemasyarakatan yang mereka kelola saat ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Desa Waoleono, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton menggelar demonstrasi menyoroti aktivitas pengolahan kayu yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab di atas lahan pemanfaatan hutan kemasyarakatan (HKm). Perwakilan Warga, Kardin, mengatakan, merujuk pada surat keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 10 Maret 2017, masyarakat Desa Waoleona diberi izin memanfaatkan HKm untuk program pemberdayaan di dalam dan sekitar kawasan hutan. Namun dalam perjalannya, ada oknum melakukan praktik pembalakan liar di atas lahan HKm tersebut.

“Padahal sesuai SK kementerian, hutan itu diperuntukkan bagi masyarakat untuk dikelola, bukan buat oknum tertentu melakukan illegal logging,” sorot Kardin, Rabu (28/2). Dia menambahkan, secara prosedural, pemanfaatan HKm hanya diberlakukan di kawasan hutan lindung dan produksi. Izin usaha pemanfaatan pengelolaan HKm (IUPHKm) diberikan untuk jangka waktu 35 tahun dan diperpanjang sesuai hasil evaluasi setiap lima tahun.

“Jadi kami mempertanyakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), apakah pengelolaan kayu itu memiliki izin atau tidak. “Kalau resmi, berarti izin itu bertolak belakang dengan SK KLHK,” tegasnya. Mewakili masyarakat Waoleono, dia berharap pihak Kementerian Kehutanan turun mengukur hak-hak masyarakat dan diberikan sepenuhnya, sehingga dapat dimanfaatkan. Warga juga menantang kepolisian menangkap pengolah kayu di atas lahan HKm tersebut.

Asisten III Setkab Buton, Makmur, yang menemui massa mengatakan, hal tersebut akan dilaporkan lebih dulu ke kepala daerah dan akan dikomunikasikan dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buton, serta perwakilan Kementerian Kehutanan di Provinsi Sulawesi Tenggara. (b/mel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top