Pariwara
Buton Utara

Butur Siap Sambut 5.000 Kafilah

ERLYN IPO/KENDARI POS
Bupati Butur, Abu Hasan (kiri) bertemu dengan Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi untuk melaporkan persiapan pelaksanaan MTQ Provinsi yang akan dimulai 18 Maret mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) memastikan telah siap menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), medio Maret ini. Semua sarana utama maupun penunjang telah disiapkan untuk jalannya kegiatan.

Bupati Butur, Abu Hasan, mengakui, hal paling penting jelang penyelenggaraan event dua tahunan itu adalah soal sarana dan prasarana menyangkut akomodasi kontingen atau kafilah dari 17 kabupaten/kota. Termasuk juga tempat penyelenggaraan kegiatan MTQ di 11 titik yang disiapkan. “Sampai hari ini sudah 95 persen. Sarana dan prasarana telah siap,” katanya saat ditemui di Kendari, rabu (28/2).

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengaku pekerjaan fisik tinggal finishing Islamic Center sebagai gedung utama penyelenggaraan kegiatan. “Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah selesai,” sambungnya. Hal penting yang kedua lanjut aktifis senior HMI ini adalah persiapan teknis terkait administrasi peserta MTQ dan beberapa aturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan setiap jenis lomba. Persiapan penerimaan peserta, pawai taruf dan acara pembukaan. “Saya sudah laporkan ke Pj Gubernur terkait semua kesiapan dan Insyaallah beliau siap membuka. Senin depan saya juga akan mengumpulkan seluruh panitia provinsi dan kabupaten untuk evaluasi kesiapan,” ungkapnya.

Ketua DPD PDIP Butur ini menambahkan, soal penginapan dan pemondokan kafilah memang sempat menjadi masalah di daerahnya. Namun itu mampu disiasati dengan memanfaatkan rumah-rumah warga . “Hotel itu kita prioritaskan untuk dewan hakim sekitar 180 orang. Undangan VIP juga kita siapkan hotel,” tambahnya.

Untuk kafilah, pihaknya sudah menunjuk LO yang melibatkan seluruh kepala dinas di Butur. “Rumah-rumah penduduk yang digunakan, masing-masing 10 rumah tiap kabupaten. Tapi tidak merata juga, karena ada daerah yang sampai 300 utusannya,” terang Abu Hasan. Sekitar 5.000 kafilah itu akan terkumpul di Butur. Kegiatan akan diawali dengan pawai taaruf 18 Maret nanti. Sementara upacaranya pada tanggal 20 Maret. “Kita sudah siap melayani kedatangan 5.000 kafilah itu,” ujarnya.

Selain menjalin silaturahmi, penyelenggaraan MTQ diyakini mampu mendongkrak perekonomian daerah. “Saya juga sudah instruksikan Disperindag untuk operasi pasar agar tidak ada kenaikan harga jelang MTQ,” jelasnya. Sementara itu, Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi membenarkan jika dirinya sudah mendapat laporan kesiapan penyelenggaraan MTQ itu. “Bupati Butur sudah bertemu saya, melaporkan kesiapan dan meminta membuka kegiatan itu. Insyaallah bisa ke sana,” janjinya.

Kabag Kesra Pekab Butur, Aslimin, juga menegaskan, pihaknya telah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ hingga 28 Maret mendatang. “Untuk tempat menginap kafilah dari luar daerah telah disediakan dan event organizer MTQ provinsi sudah ada. Sebanyak 16 kabupaten/kota telah menyatakan kesiapaan mengikuti MTQ. Satu daerah mengutus 250 khafilah datang di Buton Utara,” ujar Aslimin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/2).

Mantan Kabid Kesbangpol Butur itu menambahkan, Pemkab Butur mencurahkan semua energi untuk menyukseskan penyelenggaran MTQ tingkat provinsi. Pihaknya menargetkan bisa meraih prestasi dan keluar sebagai juara umum. “Pemkab Butur menargetkan yang utama penyelenggaraan MTQ sukses digelar itu terpenting. Kemudian sukses prestasi. Sejauh ini 104 kafilah Buton Utara telah mengikuti dua kali training center,” tandasnya. (b/ely/had)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top