Pariwara
Metro Kendari

Pungli Pasar di Kendari akan Diberantas

BERANTAS PUNGLI : Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar berkomitmen berantas praktik pungli yang terjadi disejumlah pasar. Praktik itu berpotensi rendahnya pencapaian pendapatan asli daerah (PAD). Asnar (kanan) mendampingi Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra (2 dari kiri) saat meninjau pasar Wayong usai peresmian, Senin (26/2). Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar sudah bertugas sebagai sejak pekan lalu. Mengawali tugasnya itu, Asnar berkomitmen untuk memberantas pungli. Ia mengaku sudah menyisir pasar-pasar tradisional yang masuk kewenangannya. Temuannya, ada banyak pungli di beberapa pasar. “Saya turun sendiri, dan banyak sekali pungli dihampir semua pasar. Lods dibayar di atas harga yang ditetapkan. Bahkan ada lapak kecil yang sewanya Rp 40 juta per tahun, merinding saya dengar pengakuan pedagang itu,” ujar Asnar, Selasa (27/2).

Pelaku pungli itu kata dia adalah orang yang oleh pedagang disebut preman pasar, bahkan ada juga oknum internal PD Pasar. “Itu saya sudah pecat, tidak usah saya sebutkan yang jelas ada, kios yang disewakan tidak masuk akal itu saya sudah tarik,” katanya.

Makanya, Asnar berencana melibatkan polisi dan TNI dalam pemberantasan pungli itu. Pasar Baruga dan Pasar Sentral Kota Kendari adalah lokasi yang dinilai rawan pungli. PAD yang masuk ke Pemkot Kendari menurut Asnar jauh berbeda dengan estimasi yang seharusnya. “Ada pemanfaatan lapak yang hanya Rp 10 juta pertahun PAD-nya, makanya saya cari tahu ada apa dan dimana letak kebocorannya. Klau ketahuan pasti ada sanksinya,” tegas Asnar.

Asnar berkomitmen, kehadiran PD Pasar yang bersih dari praktik pungli menjanjikan income PAD yang cukup tinggi. “Saya belum bisa menyebut berapa target saya, karena kita masih mendata berapa kios yang disewakan, karena pasar kita banyak,” tutupnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top