Pariwara
HEADLINE NEWS

Pj Gubernur Sultra Garansi Tak Berpihak

Sumber Diolah

KENDARIPOS.CO.ID — Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi menegaskan tak punya kepentingan apapun di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Dirinya hanya fokus mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri ini minta supaya komitmen serupa juga dimiliki seluruh penyelenggara pilkada dan aparatur sipil negara (ASN).

Hal itu disampaikan Teguh Setyabudi saat memimpin rapat konsolidasi (rakor) internal bersama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra, selasa (27/2). Dia berharap, sikap serupa bisa diikuti seluruh ASN supaya tidak berafiliasi pada salah satu calon di pilkada. “ASN itu tidak netral hanya saat mencoblos di depan kotak suara. Sebelum saat itu tiba mereka dilarang oleh UU untuk terlibat dalam urusan politik atau Pilkada. Tegas diatur, tegas dilarang,” ungkapnya.

Sebagai pimpinan, dia pun menggaransi jika dirinya juga tetap netral selama pilkada berlangsung. Menurutnya, pilkada akan lebih baik kalau tidak ada kepentingan pribadi atau golongan pejabat yang terlibat di dalam pesta demokrasi itu. “Tugas saya sebagai pemerintah jelas hanya mengawal, tidak akan terlibat politik praktis. Dan saya pastikan tidak panya kepentingan dalam hal itu,” tegasnya.

Lebih lanjut ayah dua anak ini menyampaikan, jika dalam pidato atau sambutannya membuka, mengisi serta menutup acara ada terselip kata Berkah, Aman dan Bergerak Cepat itu jangan dikonotasikan sebagai bahasa politik. “Mungkin bisa jadi suatu saat kebetulan saya menyebut tagline salah satu kandidat, maka itu tidak ada hubungannya dengan politik. Bagi saya, Asrun, Ali Mazi dan Rusda Mahmud adalah calon gubernur yang harus dihormati. Kita berikan kesempatan pada mereka untuk berebut simpati rakyat. Sementara saya tetap fokus menjalankan tugas hingga ada gubernur definitif,” jelasnya.

Makanya, lanjut dia, seluruh OPD harus menyamakan visi untuk mensukseskan pilkada serentak. Ia tak ingin dalam perjalanannya nanti, ada ASN yang berurusan dengan penyelenggara pemilu karena terlibat politik praktis. “Saya ingatkan, sebagiknya jangan coba-coba. Saya mengajak kita semua saling mendukung supaya pelaksanaan pilkada serentak di Sultra sukses, bermartabat, kondusif dan damai,” lanjutnya.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaran pilkada, Teguh langsung melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah. Usai memimpin rapat selasa (27/2), Teguh didampingi jajarannya bertolak ke Kolaka selanjutnya Konawe dan Baubau. “Kita akan koordinasikan tentang kesiapan pilkada,” ujarnya.

Tak hanya Pj Gubernur yang intens turun lapangan. Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto juga tak kalah agresif. Dalam beberapa hari terakhir, dia rajin turun ke daerah. Seperti Kabupaten Konawe, Kolaka dan Baubau serta daerah lain yang daerahnya dianggap sedikit kurang kondusif. Kehadirannya, selain mengkoordinir anggotanya supaya memaksimalkan pengamanan, juga mengajak tokoh masyarakat ikut mendukung terwujudnya pilkada kondusif dan damai.

“Polri-TNI harus bersama masyarakat menjaga keamanan di tiap kecamatan dan desa. Semua harus punya komitmen sama mewujudkan pilkada yang kondusif,” katanya. Supaya tidak terjadi konflik, Andap mengharapkan semua dapat mengambil peran. Perkuat basis di lapangan, lakukan patroli setiap malam. Koordinasikan dengan masyarakat, yang paling utama kepada tokoh masyarakat dan para pemuka agama.

“Karena biasanya, masyarakat akan lebih mendengar dan memahami, ketika tokoh masyarakat atau tokoh agama yang berbicara. Ini memungkinkan kita gunakan bhabinkamtibmas,” harapnya. Andap mengatakan, kesuksesan pilkada menjadi dambaan semua. Bukan hanya untuk penyelenggara, tapi juga pasangan calon dan masyarakat. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top