Pariwara
Metro Kendari

Perpustakaan di Sultra Berbasis Digital Digagas

RAKOR : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra sedang menggagas perspustakaan berbasis digital. Rencana itu sosialisasikan dalam rapat koordinasi dengan seluruh pustakawan perpustakaan pemda se-Sultra, Selasa (27/2). Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra menelorkan terobosan baru untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Inovasi yang dilakukan dengan menggagas perpustakaan berbasis digital. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi penyelenggaran dan pengembangan perpustakaan umum kabupaten, kota dan perpustakaan sekolah SMA sederajat se-Sultra di Hotel Horison, Kendari. Puluhan pustakawan hadir dalam rakor tersebut.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sultra, Wa Gola mengatakan rakor tersebut sejatinya untuk sinkronisasi antara program provinsi dan pemda di 17 kabupaten dan kota. Sehingga, tercipta sinergi dalam akselerasi pembangunan daerah. “Merancang perpustakaan berbasis digital ini setelah melihat perkembangan teknologi. Makanya perpustakaan berbasis digital kita gagas dan saat ini sedang dalam proses. Tentu ini membutuhkan tenaga yang profesional di bidang IT,” ujar Wa Gola yang ditemui usai rakor, Selasa (27/2).

Menurutnya perpustakaan digital ini tidak hanya dalam kota, ke depan pihaknya akan mengembangkan hingga ke daerah pelosok. Tentunya kemitraan dengan para pustakawan di daerah sangat dibutuhkan.

Asisten II Setda Provinsi Sultra, La Ode Andi Pili mengatakan pemprov selalu mendukung segala program untuk kepentingan masyarakat, salah satunya menciptakan perpustakaan berbasis IT. “Kita tetap dorong dan memaksimalkan potensi yang ada untuk membantu menciptakan perpustakaan digital,” ujarnya. (wan/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top