Pariwara
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Miliki Gedung PLUT-KUMKM

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Wabup Wakatobi, Ilmiati Daud saat menyerahkan plakat pada Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Abdul Kadir Danamik, selasa (27/2)

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah lima tahun berdiri di Wakatobi, bangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) kini resmi menjadi aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Penyerahan PLUT-KUMKM yang beroperasi pada tahun 2014 lalu ini dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Abdul Kadir Damanik. Dokumen lengkap bangunan tersebut diterima langsung Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud.

Abdul Kadir Danamik mengungkapkan, Wakatobi termasuk satu-satunya kabupaten yang memiliki PLUT di Sulawesi Tenggara. Diharapkan kehadiran wadah tersebut disertai dengan para pendamping yang dibentuk kementerian terus meningkat agar menyejahterakan para pelaku UMKM. “Kini aset bangunannya kita serahkan ke Pemkab Wakatobi. Apalagi ada kantor dinas yang belum memiliki gedung. Sekarang kantornya sudah digunakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Wakatobi. Kita berharap ini bisa bermanfaat kedepannya,” ungkap Damanik, Selasa (27/2).

Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, menjelaskan untuk di wilayahnya, saat ini jumlah koperasi yang beroperasi dan memiliki izin telah mencapai 197 unit. Penyerapan tenaga kerja kurang lebih 5.000 orang. “Sebelumnya kita mengucapkan terima kasih pada kementerian terkait telah menyerahkan aset ini untuk Pemkab Wakatobi. Perlu saya jelaskan, dari ratusan koperasi yang beroperasi saat ini di Wakatobi telah memiliki omset Rp 170 miliar,” paparnya.

Ia juga menambahkan, salah satu sektor andalan Wakatobi adalah pariwisata. Namun, UMKM harus bergandengan dengan sektor pariwista. “Karena tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Harus sama-sama,” sambung Wakatobi-2 tersebut. Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, La Ode Boa, menjelaskan, sejak tahun 2017 lalu bangunan ini sudah difungsikan oleh instansi yang kini dipimpinnya. Padahal kata dia seharusnya, tak dapat digunakan sebelum diserahkan secara sah. “Tapi, karena kita di Wakatobi kekurangan gedung dan Disperindag, Koperasi dan UMKM dimekarkan sehingga harus terpisah. Alhamdulillah sampai saat ini masih difungsikan dan berjalan lancar,” tuturnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top