Pariwara
Edukasi

Lima SMP di Baubau Siap UNBK

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau telah melakukan evaluasi kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hasilnya, lima sekolah tingkat SMPN di Baubau dianggap memenuhi syarat dan siap untuk menyelenggarakan UNBK yang dilaksanaksana April mendatang. Hal itu disampaikan Kadis Dikbud Kota Baubau, Drs. H. Masri, M.Pd.

“Lima SMPN yang akan kita ikutkan dalam pelaksanaan ujian berbasis online. Masing-masing adalah SMPN 3 Baubau, SMPN 4 Baubau, SMPN 5 Baubau, SMPN 17 Baubau dan SMPN 18 Baubau,” ungkap Masri saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (27/2).

Jumlah SMP yang siap untuk melakukan UNBK tersebut cukup sedikit jika dibanding dengan jumlah keseluruhan SMPN yang ada di Kota eks Kesultanan Buton itu. Semua itu, dikarenakan ketersedian fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK dalam hal ini komputer belum memadai. Masih banyak sekolah yang belum memiliki komputer untuk menyelenggarakan ujian online.

“Pada dasarnya semua sekolah telah memiliki komputer. Hanya saja, jumlahnya masih sedikit dibanding total murid yang akan mengikuti ujian. Ditambah lagi, banyak yang belum memiliki server untuk dikoneksikan dengan pusat. Yang tersedia, baik dari komputer maupun server baru lima sekolah tersebut,” tambah Masri.

Untuk bisa melaksanakan UNBK, lanjut Ketua Harian Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Baubau itu, idelanya setiap sekolah harus memiliki jumlah komputer 1/3 dari jumlah siswa yang akan mengikuti ujian. Akan tetapi dari puluhan sekolah yang ada di Kota Semerbak itu, baru lima sekolah yang bisa memenuhinya. “Jumlah murid yang akan mengikuti ujian sebanyak 300 orang, maka komputer yang harus tersedia minimal 100 unit. SMPN 2 Baubau sebenarnya suda memenuhi syarat jumlah komputer, hanya saja yang menjadi kendala adalah belum memiliki server. Makanya, belum bisa kita masukan sebagai sekolah peserta UNBK,” terangnya.

Meski demikian, lanjut dia, tidak menuntut kenungkinan bisa ikut UNBK. Asalkan sudah memiliki server dan memenuhi persyaratan lainya, maka tinggal dikomunikasikan di pusat untuk bisa melaksanakan ujian berbasis komputer.

Dia juga menyampaikan, jumlah peserta UNBK SMP di Kota Baubau mengalami peningkatan tahun ini. Sebelumnya hanya tiga sekolah kini bertambah dua. “Makanya total SMP peserta UNBK saat ini menjadi lima sekolah. Tambahnya adalah SMPN 17 dan SMPN 18 Kota Baubau. Sementara untuk ekolah tingkat SMAN di Baubau yang menjadi peserta UNBK sudah semuanya. Hanya saja, SMA/SMK menjadi tanggung jawa Pemprov,” pungkasya. (ahi/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top