Pariwara
Konawe Selatan

DPRD dan Pemkab Konsel Evaluasi Tambang Mandek

Irham Kalenggo

KENDARIPOS.CO.ID — Evaluasi terhadap keseriusan sejumlah perusahaan tambang dan perkebunan untuk berinvestasi di Konawe Selatan (Konsel) kini mulai dievaluasi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan memastikan siap saja penanam modal yang punya komitmen dalam menggairahkan perekonomian di wilayah tersebut. Sebab nyatanya, dari data yang terdaftar di bagian perizinan, tercatat ada sekitar 14 perusahaan tambang melakukan investasi di kabupaten itu. Nyatanya, hanya beberapa perusahaan yang terlihat aktif. Sementara banyak perusahaan hanya mengantongi izin dan tak pernah ada kegiatan jelas.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, menegaskan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi itu, bekerja sama dengan Pemkab. “Kami sangat apresiasi langkah bupati yang sudah mencoba melakukan penyelesaian sengketa tambang di Laonti beberapa hari lalu. Artinya, Pemkab bersama DPRD siap melakukan evaluasi sejumlah tambang bermasalah di daerah ini,” ungkapnya, Selasa (27/2).

Irham mengakui, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat ini sedang memantau aktivitas perusahaan yang mandek. Jika ada perusahaan pemilik izin usaha pertambangan (IUP) dan izin hak guna usaha (HGU) namun tak ada aktivitas, maka akan segera dihentikan.
“Kalau tidak diindahkan, maka bupati akan melakukan penghentian. Daripada hanya kuasai lahan namun tidak beroperasi,” ungkapnya tanpa menyebut perusahaan dimaksud.

Seperti diberitakan sebelumnya, perpanjangan HGU PT Kapas di Kecamatan Laeya sudah ditolak sejumlah masyarakat. Pasalnya, lahan yang dikuasai tersebut justru tak dimanfaatkan. Ketika ditanya soal, polemik yang menimpa perusahaan tambang berbendera PT Baula, Ketua DPD Golkar Konsel ini memandang kasus tersebut sudah pernah dimediasi.
“Namun belum ada titik terang sehingga ini masalah kita serahkan ke proses hukum saja,” tandas Ketua DPRD. (b/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top