Pariwara
Muna

Bupati Muna : Kepala Dinas Dilarang Keluar Daerah !

Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, LM. Rusman Emba mulai tak suka dengan perilaku indisipliner seluruh perangkat pemerintahannya. Sebuah surat edaranpun diterbitkan dan ditujukan pada kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Muna. Ia melarang para kepala dinas meninggalkan daerah terhitung sejak 1 Maret 2018, besok. Surat edaran itu sendiri sudah ditandatangani mulai 26 Februari lalu. Politikus PDIP itu mengatakan, edaran dikeluarkan dalam rangka meningkatkan pelayanan pada publik. Ia ingin pembangunan kemasyarakatan berlangsung efektif di otoritanya.

“Kepala OPD tidak bisa keluar daerah kecuali ada izin langsung dari bupati,” tegas Rusman Emba seperti yang tertulis dalam edaran bernomor 090/240 tahun 2018 tentang larangan perjalanan dinas luar daerah bagi kepala OPD tersebut. Izin bupati itu dapat dikeluarkan jika perjalanan dinas memiliki tujuan yang jelas dan punya asas manfaat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. “Pemerintah harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terutama pelayanan kemasyarakatan,” lanjut Rusman.

Belum diketahui pasti apa alasan utama sehingga para kepala OPD dilarang keluar daerah sampai batas waktu yang tak ditentukan. “Saya juga belum tahu. Mungkin soal komunikasi birokrasi yang belum baik. Sementara ini Bupati, Sekab dan Kabag Humas sedang di Jakarta,” kata La Ege, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Muna, Selasa (27/2). Hanya saja, kedisiplinan aparatur sipil negara di Muna memang diakui jauh dari kategori baik. Hal itu sudah diungkapkan Inspektur Kabupaten Muna, Muntu, Rabu (21/2) pekan lalu. Meski tidak punya data pasti, ia membenarkan jika produktifitas kerja OPD di Muna belum maksimal. “Bisa dilihat saja. Kalau keliling ke dinas-dinas, pasti kelihatan sepinya itu kantor. Ini masalah klasik sebenarnya,” prihatinnya. (b/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top