Pariwara
Bombana

Bupati Bombana Wajibkan OPD Miliki FB

H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Media sosial (Medsos) seperti facebook (FB) kini menjadi tren komunikasi diera saat ini. Masyarakat dapat menilai dan mengomentari hal apa saja melalui FB, meskipun kini ada undang-undang yang membatasi hal tersebut. Memanfaatkan FB sebagai tren di masyarakat, Bupati Bombana, H. Tafdil juga menggunakan Medsos tersebut sebagai barometer kinerja para organisasi perangkat daerah (OPD). Kini, setiap OPD harus memiliki akun FB yang menjadi wadah masyarakat berkeluh kesah.

Gagasan tersebut disampaikan Bupati Bombana, H. Tafdil saat ditemui. “Medsos ini sudah menjadi rutinitas. Masyarakat dengan mudah memberikan komentarnya terhadap sesuatu hal, bahkan yang dikomentari tersebut dapat menjadi viral. Jadi saya fikir FB ini bisa menjadi wadah untuk penilaian masyarakat. Dalam waktu dekat saya akan suruh buat akun masing-masing OPD dan dikelola,” cetusnya, selasa (27/2).

Menurut Bombana-1 tersebut, dalam akun tersebut masyarakat dapat mengeluh dan berkomentar apa saja yang menjadi kekurangan OPD. Sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk menertibkannya. “Seumpama ada pengurusan KTP yang sulit, atau Pungli, maka warga dapat berkomentar di akun OPD itu. Dan pihak pengelola FB wajib menjawab komentar tersebut bahkan memanggil yang komentar untuk melakukan klarifikasi. Siapatahu, memang ada warga yang sudah berhari-hari mengantre, tapi KTP-nya belum tuntas,” papar Tafdil.

Bupati dua periode itu juga menambahkan bahwa dirinya akan mengontrol langsung akun OPD tersebut, sekaligus melihat keaktifan mereka. Baik dalam menjawab komentar warga atau memberikan informasi terkait aturan atau syarat dalam pelayanan publik. Seperti Dinas Penanaman Modan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dapat menjelaskan tata cara melakukan atau prosedur dalam pelayanan perizinan. “Saya kontrol akunnya. Kalau tidak aktif saya akan berikan teguran, dan jika tidak menjawab komentar warga, saya tegur juga. Melalui akun FB tersebut saya bisa menilai pelayanan mereka dan yakin ini bisa memperbaiki layanan publik ke depan. Saya dulu pasang setiap OPD kotak saran tapi tidak pernah ada yang masuk. Mungkin karena mereka takut beri masukan,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top