Pariwara
Kolaka Utara

Alhamdulillah, 3 Hari Hilang, Nelayan Kolut Ditemukan Selamat Terbaring Lemas

Basman saat dievakuasi oleh tim penyelamat.

KENDARIPOS.CO.ID — Seorang nelayan warga Desa Pitulua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bernama Basman, yang hilang saat melaut Senin (26/2/2018) dini hari lalu ditemukan selamat. Korban tergeletak lemas di perahunya dekat sebuah rompong (tempat penangkapan ikan di teluk) di wilayah perairan Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) sekira pukul 11.00 wita, Rabu (28/2/2018).

Hilangnya Basman baru dilaporkan keluarga ke Babimkamtibmas desa setempat Selasa malam lantaran pihak keluarga mulai resah korban tidak kunjung pulang ke rumah. Setelah dilakukan kordinasi lintas teluk Basman dilaporkan ditemukan nelayan Siwa, Sulsel pukul 21.30 wita kondisi perahu mati mesin dan kehabisan bekal. Perahu Basman kemudian ditarik ke sebuah rompong menunggu pertolongan.

Kapolsek Lasusua, Ipda Jamarin Riche yang menerima laporan malam itu juga langsung mengerahkan tim untuk melakukan pe jemputan. “Kita berangkat menggunakan satu speed bersama lima anggota saya dan empat perahu nelayan serta bantuan Basarnas Kolaka yang sempat menuju Kolut. Semua rompong disisir di sepanjang teluk,” ujarnya.

Basman akhirnya ditemukan terbaring lemas diatas perahu dekat rompong. Ia diduga kehabisan cairan bahkan saat dievakuasi langsung pingsan. “Tidak sempat saya tanya karena pingsan dalam perjalanan pulang,” ujarnya.

Ia menghimbau nelayan waspada ketika melaut karena cuaca ekstrim yang bisa membahayakan pelayaran. Selain itu diharapkan nelayan membawa alat komunikasi sehingga ketika terjadi sesuatu bisa meminta pertolongan. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top