Pariwara
Politik

Tokoh Masyarakat Dukung Kapolda Wujudkan Pilkada Kondusif dan Damai

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (kanan) didampingi Karo Ops Kombes Pol Subnedih saat mengunjungi Kabupaten Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengunjungi Kabupaten Konawe, Senin (26/2/2018). Kehadirannya di daerah industri itu untuk mensupport anggotanya supaya lebih maksimal lagi dalam mengawal pelaksaan pilkada Konawe. Dirinya juga mengajak seluruh elemen, khususnya tokoh masyarakat Konawe agar bersama-sama mewujudkan pilkada kondusif dan damai.

Harapan orang nomor satu di Polda Sultra itu disambut positif sejumlah tokoh masyarakat Konawe. Salah satunya datang dari Ajemain Suruambo, tokoh adat yang cukup disegani masyarakat Konawe. Dia mengaku mendukung penuh upaya Kapolda untuk mewujudkan pilkada kondusif. “Kami berterima kasih kepada Kapolda beserta jajaran yang sudah sangat baik melakukan pengamanan. Sebagai bagian dari masyarakat, kami akan membantu dengan cara mencegah munculnya gejolak akibat pilkada. Sekaligus mengingatkan warga agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang bisa merusak persatuan,” ungkap Ajemain Suruambo.

Dalam momentum Pilkada Konawe, Ajemain mengharapkan masyarakat tidak melanggar norma-norma yang ada, harus saling menghormati dan menghargai. Menurut dia, memang seharusnnya dalam kondisi seperti ini, semua pihak harus bersatu. Pemuka agama, tokoh adat , Polri dan TNI harus duduk bersama untuk menyatukan presepsi dalam rangka mewujudkan Pilkada damai. “Dalam pilkada ini, tokoh adat dan masyarakat memang harus terlibat. Kami sampaikan baik-baik. Karena dengan itu, kami bisa menyampaikan, memilih tanpa ada paksaan,” ujarnya

Soal pengamanan kepolisian, dia menilai saat ini Polisi sudah siap. Ini terbukti dari pantauannya di lapangan selama ini. Ajemain mengaku sudah sering mendapat telepon, dari anggota kepolisian, baik itu Babinkamtibmas dan Babinsa untuk berdiskusi bersama. “Pastinya, kami mendukung terciptanya pilkada kondusif dan damai,” ucapnya.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto memang berkunjung di Polres Konawe, kemarin. Saat sampai di Polres Konawe, dia langsung duduk bersama anak buahnya menggelar rapat tertutup di Aula Polres Konawe . Banyak hal yang disampaikan, terutama berkaitan dengan kondisi Kamtibmas di Sultra. “Yang pertama dan utama, sampaikan kepada masyarakat, untuk bersatu dengan TNI dan Polri menjaga keamanan di tiap kecamatan dan desa. Sosialisasikan terus menerus, gunakan bhabinkamtibmas untuk bersinergi,” pesannya Andap yang didampingi Karo Ops Kombes Pol Subnedih dan juga Kapolres Konawe AKBP Nur Akbar, kemarin (26/2).

Dalam kondisi saat ini, lanjut Andap, sebagai pelayan publik, Polri harus bahu membahu untuk mewujudkan kedamaian. Sebab, Sultra merupakan satu dari 11 wilayah yang masuk dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) cukup tinggi. “Untuk menjaga wilayah agar tetap kondusif, maka harus bersatu. Bersatu dengan apa? Tentu dengan merangkul masyarakat,” ucapnya.

Andap menambahkan, waktu 117 hari tersisa menuju pemilihan, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Semua mesti menjalankan tugas dengan baik. Berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu dan jajarannya. Ini penting, karena potensi konflik biasanya datang dari situ. Dia mencontohkan, kejadian-kejadian yang terekam pada pilkada sebelumnya. “Misalkan terjadi pembakaran kantor lurah. Itu karena salah satu calon tahu lokasi surat suara disimpan. Makanya dilakukan pembakaran. Hal-hal seperti ini yang harus dicegah,” ingatnya lagi.

Supaya tidak terjadi konflik, Andap mengharapkan semua dapat mengambil peran. Perkuat basis di lapangan, lakukan patroli setiap malam. Koordinasikan dengan masyarakat, yang paling utama kepada tokoh masyarakat dan para pemuka agama. “Karena biasanya, masyarakat akan lebih mendengar dan memahami, ketika tokoh masyarakat atau tokoh agama yang berbicara. Ini memungkinkan kita gunakan bhabinkamtibmas,” harapnya. Andap mengatakan, kesuksesan pilkada menjadi dambaan semua. Bukan hanya untuk penyelenggara, tapi juga pasangan calon dan masyarakat. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top