Pariwara
Metro Kendari

Tanpa CnC, Operasional Tambang di Sultra Bakal Dihentikan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra mencatat sekira 279 perusahaan tambang yang bergerak dibidang pengelolaan logam di Sultra. Dari jumlah ratusan itu, hanya sekira 249 perusahaan yang memenuhi status clear and clean (CnC), tidak tumpang tindih dan izinnya sesuai peraturan. Itu berarti masih sekira 30 perusahaan yang belum CnC.

Bagi ESDM Sultra, status CnC ini perlu dan wajib dipenuhi perusahaan tambang sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 43 Tahun 2015 tentang evaluasi dan penertiban Izin usaha Pertambangan (IUP). Perusahaan tambang yang belum melengkapi CnC maka operasinya akan dihentikan.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Minerba ESDM Sultra, Muhamad Hasbullah Idris. Katan dia, masih ada 30 perusahaan tambang yang sampai saat ini tercatat belum memiliki status CnC. Menurut Hasbullah, jangka waktu yang diberikan pemerintah agar perusahaan untuk memiliki CnC tahun 2016. Untuk itu, perusahaan tambang yang belum memiliki itu tidak bisa lagi mengurus CnC. ESDM Sultra akan menertibkan perusahaan tambang yang belum melengkapi CnC. “Kita akan lakukan pemberhentian operasi,” ujar Muhamad Hasbullah Idris di ruang kerjanya, Senin (26/2).

Menurut Hasbullah, ada beberapa syarat bagi perusahaan untuk mendapatkan status CnC, yakni perusahaan tersebut dinyatak baik dari aspek teknik dan lingkungan. Termasuk dari aspek finansial, administrasi dan kewilayahan. Syarat ini harus ada untuk memperoleh CnC. Dia menyebutkan, sebelum terbit Permen 43 Tahun 2015 itu, syarat status CnC tidak diwajibkan karena saat itu tidak ada yang mengatur tentang teknis CnC. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top