Pariwara
Hukum & Kriminal

Sopir Truk Pengguna Sabu Diciduk di Pelabuhan Banabungi Buton

Kapolres Buton AKBP Andi Herman (kiri) didampingi Kasat Narkoba Polres Buton, Iptu Bisma Nova Pamungkas menunjukkan barang bukti narkoba jenis sabu yang disita dari tersangka ZA (membelakang), Senin (26/2). Foto : AMEL / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Satuan Reserse Narkoba Polres Buton mengamankan satu tersangka pengguna narkoba jenis sabu berinisial ZA (47). Sopir truk tersebut diciduk polisi di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Buton. Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan pengangkapan ZA berawal dari informasi masyarakat yang diterima Satres Narkoba menyebutkan bahwa tersangka ZA selalu membawa tas kecil warna hitam. Diduga dalam tas tersebut terdapat narkoba. Dari informasi itu, polisi menyelidiki dan membuntuti pelaku hingga menangkapnya.

“Di Pelabuhan Banabungi, tersangka sedang minum minuman keras. Anggota langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap tersangka ZA,” kata AKBP Andi Herman didampingi Kasat Narkoba Polres Buton, Iptu Bisma Nova Pamungkas kepada wartawan saat konferensi pers di Aula Polres Buton, Senin (26/2).

Dari penggeledahan tersebut, lanjut Andi Herman, ditemukan barang bukti berupa satu paket sabu dengan berat 0,05 gram, uang tunai Rp 506 ribu yang ditemukan di dalam saku celana. Selain itu juga ditemukan satu buah handphone warna silver dan satu buah botol bekas air mineral. “Tapi botol sudah kosong dan berfungsi sebagai bong yang digunakan untuk menghisap sabu,” ujar AKBP Andi Herman.

Tidak hanya itu, polisi juga menemukan di dalam tas kecil tersangka satu buah kaca pyrex, satu buah sumbu yang terbuat dari batang cotton bud (tusuk telinga), salah satu ujungnya disambung dengan aluminium voil, dua buah korek api gas warna biru, satu buah pipet warna putih yang berfungsi untuk menyendok sabu yang dituangkan di dalam pyrex. “Satu buah tutup botol yang dilobangi dua bersama dua buah pipet warna putih yang terpasang pada masing-masing lobangnya,” jelas AKBP Andi Herman.

Dari pengakuan tersangka, ZA membeli sabu di Kota Baubau dan digunakan sendiri oleh tersangka. Satu paket sabu dibeli seharga Rp 300 ribu. “Yang bersangkutan sebagai pemakai, namun masih dalam pengembangan, apakah ada jaringan lain dan tersangka mengambil sabu dari mana. Tersangka juga mengakui sudah memakai sabu sudah 11 bulan,” papar AKBP Andi Herman.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal tindak pidana Pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukuman minimal lima tahun penjara. Pasal itu menyebutkan tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai dan menyediakan narkotika golongan satu bukan tanaman dan penyalahgunaan narkotika golongan satu bukan tanaman bagi diri sendiri. (mel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top