Pariwara
Muna Barat

Serahkan 3 Ribu Sertifikat Tanah, Rajiun Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SERAHKAN SERTIFIKAT: Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada (pakai kacamata) menyerahkan sertifikat Prona kepada masyarakat. Tahun ini, ada 3 ribu sertifikat yang diberikan, terbanyak dari daerah lain. Foto : Yafruddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada punya komitmen tinggi memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Makanya, sejak dilantik sebagai bupati definitif, mantan Kasat Pol PP Sultra ini terus mencari cara agar harapan itu bisa terwujud. Berbagai terobosan cerdas digagas, sehingga pembangunan Mubar kini menggeliat. “Komitmen kita adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Makanya, selain pembangunan infrastruktur, program pemberdayaan masyarakat juga menjadi prioritas,” ungkap Rajiun Tumada usai menyerahkan 3 ribu sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat, Senin (26/2/2018).

Penyerahan sertifikat tanah, lanjut dia, merupakan salah satu upaya untuk memberikan kepastian pada masyarakat terhadap lahan dimiliki. Sehingga pada akhirnya, mereka bisa bekerja lebih nyaman. “Sejauh ini sudah ribuan sertifikat tanah milik masyarakat sudah diserahkan,” ujarnya. Tahun 2017, tanah masyarakat yang sudah disertifikatkan sebanyak 3.200 bidang tanah melalui pendaftaran tanah sistimatis (PTS) atau biasa disebut Prona. “Untuk tahun 2018, kalau tidak salah sebanyak 3.100 bidang tanah. Ini sangat luar biasa jika kita bandingkan dengan kabupaten lainnya yang ada di Sultra,” jelas Rajiun.

Pensertifikatan tanah rakyat melalui PTSL ini, lanjut dia, tak lain untuk membantu kepemilikan tanah masyarakat. Dalam PTSL itu sebanyak enam bidang tanah yang diserahkan ke Pemkab Mubar. “Saya berharap tahun depan akan lebih banyak bidang tanah yang disertifikatkan,”tuturnya. Untuk menghindari sengketa tanah, Rajiun berharap pihak BPN turun langsung ke lapangan. Hal ini untuk mengantisipasi tumpang tindih lahan. Selain itu, bisa mengantisipasi adanya pungutan liar. Meskipun pada dasarnya, ia telah mewanti-wanti kepala desa tidak melakukan pungutan. “Kalau sertifikatnya sudah ada cepat serahkan ke masyarakat. Jangan tunggu beberapa hari lagi. Paling lambat 1×24 jam harus diserahkan,” tegasnya.

Kepala BPN Mubar, Asmanto Mesman mengapresiasi respon masyarakat. Katanya, ini menunjukan kepedulian masyarakat terhadap pensertifikatan lahan mulai meningkat. Tak heran, masyarakat cukup proaktif saat mendengar informasi tentang PTSL. “Hari ini, sebanyak 3.000 bidang yang tersebar di delapan kecamatan 17 desa. Penyerahan ini diwakili tujuh orang setiap desa. Penyerahannya dilakukan langsung pak bupati,” katanya.

Sejak tahun 2017 kata dia, masyarakat sudah melakukan pendaftaran tanah secara sistimatis. Yang mana, masyarakat menyerahkan datanya ke kantor desa. Nanti pihak desa yang akan mendaftarkan dan menyetor ke BPN. “Ini merupakan tahap dua. Yang mana, 3.000 sertifikat bidang tanah milik rakyat dan enam sertifikat bidang tanah milik Pemkab. Adapun bidang tanah yang diserahkan ke Pemkab yakni lahan Dinas Kelautan, Disdukcapil, Kominfo, BPMD, UKM dan Dinas Pendidikan,” bebernya.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Mubar, Laode Butolo mengatakan kesadaran masyarakat mengurus sertifikat tanahnya mulai meningkat. Tak heran, ajakan pemerintah bisa direspon masyarakat. Ia berharap masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang semestinya. Hanya saja, masyarakat juga harus paham. Untuk mendapatkan sertifikat atau ikut PTSL , merek harus mempunyai surat tanah. “Jika belum memiliki alas hak, silahkan mengurus ke kantor desa. Nantinya pihak desa yang akan mengurusnya. Sertifikat tanah merupakan salah satu bukti valid atas kepemilikan hak atas tanah yang diakui negara, makanya harus menjadi perhatian,” ujarnya. (b/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top