Pariwara
Konawe Utara

Pemkab Konut tak Tegas Tindak Penambangan Batu di Motui

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
Sekab Konut, Martaya K. Supardi saat melihat aktivitas pengangkutan materian tambang batu di poros Trans Sulawesi di Kecamatan Motui.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas hilir mudik kendaraan pengangkut batu tambang golongan C di ruas jalan Trans Sulawesi yang menyebabkan jalan di wilayah itu mengalami kerusakan, belum juga disikapi serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Padahal arus kendaraan di Kecamatan Motui itu cukup mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya. Anehnya, tonase muatan yang melebihi kapasitas seakan dibiarkan tanpa ada tindakan tegas dari Pemkab Konut. Alasan perekrutan tenaga kerja dan serapan pendapatan asli daerah (PAD) dari jasa retribusi menjadi penghambat pemerintah tak bertindak.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, Martaya K. Supardi, beralasan, pihaknya baru akan melakukan pemanggilan pada sejumlah pemilik izin usaha pertambangan (IUP) yang beroperasi di Kecamatan Motui dan sekitarnya. Langkah pemanggilan itu untuk mempertegas perusahaan mana yang belum mengantongi legalitas. “Tentunya kita akan menyarankan pada pihak perusahaan untuk melengkapi perizinannya sebagaimana ketentuan yang berlaku. Bagaimanapun juga namanya investasi ada kepentingan daerah di sana. Termasuk perekrutan tenaga kerja plus pendapatan asli daerah (PAD),” alasan Martaya K. Supardi, senin (26/2).

Nantinya, bila dalam rapat koordinasi ditemukan ada perusahaan yang belum melengkapi legalitas, maka Pemkab Konut mengancam akan memberikan teguran berupa rekomendasi pencabutan izin. “Tentu ada tahapan-tahapan tanpa harus menutup dulu. Kekurangannya di mana, izin apa yang belum ada. Kita sarankan untuk dilengkapi,” argumennya. Aktivitas kendaraan yang memuat batu dengan jumlah berlebihan di ruas Trans Sulawesi tepatnya di Desa Tondowatu dan sekitarnya, tak hanya mengganggu pengguna jalan lain. Namun kerusakan jalan penghubung juga sudah terjadi. Bahkan terdapat beberapa kendaraan yang mengalami kecelakaan akibat muatan yang melebih kapasitas. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top