Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Ketahanan Nilai Tukar Rupiah Diuji

Ilustrasi penukaran mata uang di sebuah money changer. Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) sepertinya perlu diuji ketahanannya untuk tetap stabil melaju di jalur hijau pada awal pekan ini.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menyampaikan, Meski memiliki peluang kenaikan namun, adanya pergerakan apresiasi dari USD juga berpotensi menganggu peluang kenaikan tersebut.

“Kenaikan kembali Rupiah masih harus kembali diuji ketahanannya untuk dapat melanjutkan pergerakan positifnya,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/2).

Reza menjelaskan, meski pergerakan USD kembali menguat pada perdagangan valas di Asia pada jumat pekan lalu namun, tak menghalangi laju Rupiah untuk dapat berbalik positif. “Kebetulan di saat yang bersamaan, muncul pemberitaan terkait calon tunggal Gubernur BI dari dalam BI sendiri,” tuturnya.

Untuk sementara, kata Reza, reaksi pasar cukup positif. Di sisi lain, Rupiah juga mendapat sentimen positif dari pertumbuhan kredit perbankan hingga Januari yang telah tumbuh 7 persen (YoY). “Laju USD kembali naik seiring masih adanya persepsi potensi kenaikan agresif suku bunga The Fed,” imbuhnya.

Pihaknya memperkirakan, Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.685 dan batas atas (resisten) 13.659. “Tetap cermati dan waspada jika terjadi pembalikan arah dari Rupiah,” tandasnya. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top