Pariwara
Politik

Gerindra Siapkan Tanggal Deklarasi Prabowo

Prabowo

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Gerindra dipastikan bakal mengusung kembali ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019. Menurut Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon, pihaknya saat ini sedang mematangkan waktu untuk mendeklarasikan Prabowo secara resmi.

“Sejauh ini boleh dikatakan seratus persen semua kader Gerindra menginginkan Pak Prabowo sebagai calon presiden. Tanggal sedang ditentukan, dan kita melihat jadwal-jadwal yang lain,” paparnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (26/2).

Meski begitu, menurut Fadli, Gerindra masih belum menentukan kriteria khusus siapa yang akan mendampingi Prabowo sebagai calon wapresnya. Hal itu akan ditentukan setelah Gerindra berkomunikasi dengan partai lain. “Nanti pada waktunya kita melihat. Sekarang ini ya tentu lagi persiapan lah, ancang-ancang dan akan duduk di komunikasi politik untuk dijalankan terus,” jelas Fadli yang juga wakil ketua DPR RI.

Hasil survei Alvara Research Centre menunjukkan bahwa Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra merupakan tiga partai dengan popularitas tertinggi. Namun untuk elektabilitas, Golkar menempati posisi ketiga. Golkar tingkat popularitasnya 97 persen, PDIP sebesar 96,8 persen dan Gerindra sebesar 91,5 persen. Partai baru dengan popularitas tertinggi dimiliki oleh Perindo dengan popularitas 69,1 persen.

Menurut Founder & CEO Alvara Research Centre Hasanuddin Ali, hasil analisis perceptual mapping untuk melihat citra masing-masing partai menunjukkan ada tiga kelompok partai yang memiliki citra hampir sama. Pertama, Golkar dan PDIP yang memiliki citra sebagai partai nasionalis, memiliki program bagus, membawa perubahan, dekat dengan rakyat, dan mampu menyelasaikan masalah.

Kedua, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan Perindo memiliki citra partai yang memiliki tokoh karismatik, modern, dan memiliki tokoh muda. Ketiga adalah PKS, PKB, PPP, PAN, PBB yang lekat dengan citra partai agamis.

“PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi. Riset ini juga menemukan jika Pemilu dilaksanakan hari ini maka PDIP akan tampil sebagai pemenang dengan elektabilitas sebesar 28,4 persen,” terang Hasan saat memaparkan hasil survey.

Kemudian diikuti oleh Partai Gerindra (17,3%), Golkar (8,2%), Demokrat (4,9%), dan PKB (4,2). Sedangkan responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 25,6 persen. “Kerja keras perlu dilakukan partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen seperti PKS, Perindo, PAN, Nasdem, PPP, PSI, dan Hanura untuk bisa mencapai parliamentary threshold,” beber Hasan. (wah/esy/jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top