Pariwara
Buton Tengah

Belum Ada Biro Perjalanan Umrah Resmi di Buteng

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga saat ini, belum ada biro perjalanan haji dan umrah yang resmi beroperasi di Buton Tengah (Buteng). Jika ada travel yang menawarkan jasa layanan tersebut, maka itu merupakan kerja sama antara biro yang di Baubau dan Makassar. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Buteng, Dr. Mansyur, M.Pd. Ia menjelaskan, untuk layanan umrah, pihaknya berwenang memberi rekomendasi agar calon jamaah mendapat paspor. Namun sebelum memberikan hal itu, pihaknya terlebih dahulu memastikan keabsahan dari biro perjalanan umrah yang digunakan para calon jamaaah. Utamanya, memastikan jika biro yang digunakan mengantongi izin operasi yang diterbitkan Kemenag RI.

“Makanya, petugas kami selalu menekankan untuk memastikan, kalau ada keraguan langsung konfirmasi ke pusat. Kita harus hati-hati memberikan rekomendasi karena sekarang pemerintah ingin memberi layanan yang lebih baik dimasyarakat. Pasalnya dikhawatirkan jamaaah umrah akan terlantar akibat biro perjalanan yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya. Apalagi jika mengingat, saat ini belum ada biro perjalanan haji dan umrah yang secara resmi beroperasi di wilayah Buteng.

Dia mengungkapkan, untuk jamaah haji yang terdaftar di Kemenag Buteng periode 2017 lalu, berjumlah 127 orang dengan masa tunggu 18 tahun. Namun jumlah tersebut belum terhitung jamaah calon haji asal Buteng yang sebelumnya sudah terdaftar di Buton dan Baubau. Sementara kuota haji Buteng yang akan berangkat tahun 2018 ini hanya sebanyak 26 orang. “Kuota yang sebelumnya dikurangi 20 persen kini sudah dikembalikan. Masa tunggu jamaah haji kita juga berkurang. Pemerintah Arab Saudi juga berjanji untuk terus menambah jumlah kuota jamaah haji kita karena salah satu yang terbesar adalah Indonesia,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top