Pariwara
Edukasi

SMK di Wawonii Siap UNBK, SMA Belum

Rosida Asnal
Kepala SMAN 1 Wawonni

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) rupanya belum dapat diterapkan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tahun ini. Hanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Wawonii yang akan melaksanakan UNBK. Kendalanya bukan persoalan tidak adanya sarana dan prasanana namun SMA di Pulau Wawonii belum terdaftar sebagai peserta UNBK yang akan digelar April mendatang.

Kepala SMAN 1 Wawonii, Rosida Asnal menuturkan bahwa siswanya belum terdaftar sebagai peserta UNBK. Padahal, siswanya sudah siap mengikuti ujian berbasis komputer tersebut. “Kalau laboratorium komputer kami sudah ada. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep juga, bersedia menyiapkan komputer untuk suksesnya UNBK di SMAN Wawonii. Kami sabar dulu. Tetapi tahun depan kami usahakan sudah bisa UNBK,” ungkap Rosida Asnal saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/2).

Perempuan berhijab itu, merinci ada 164 siswa kelas XII yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kalau memang dipaksakan UNBK, siswanya siap untuk membawa laptop sendiri, nanti servernya diusahakan.

Sementara itu, Kepala SMK 1 Wawonii, Drs. Gamsir menyampaikan sejauh ini pihaknya terus berupaya memaksimalkan komputer yang ada, agar pelaksanaan UNBK di SMK bisa berjalan lancar. Dia mengatakan, tiga sekolah kejuruan di Bumi Kelapa itu, juga siap UNBK bersama dengan sekolah yang dipimpin oleh Gamsir. “Tiga sekolah yang akan UNBK, yaitu SMKN 1 Wawonii dengan 33 siswa, SMK 3 Wawonii sebanyak 31 siswa, dan SMK Kesehatan 15 siswa,” ujar Gamsir.

Dia pun mengatakan, saat ini pihaknya juga sudah melengkapi kebutuhan yang terkait dengan UNBK. “Wireless Fidelity (Wifi), kami sudah pasang. Hanya saja di sini masih kekuarangan komputer. Yang siap saat ini hanya 20 unit. Sementara yang akan UNBK ada tiga sekolah,” jelasnya.

Meskipun masih kekurangan komputer, ia tetap optimis pelaksaan UNBK untuk sekolah kejuruan di Pulau Wawonii bisa diselenggarakan. “Saat ini kami tengah upayakan penambahan komputer. Agar pelaksanaan ujian nanti bisa dipakai untuk dua ruangan di tiga sekolah. Saat juga mengirim operator untuk mengikuti pelatihan mengoperasikan proses pelaksanaan UNBK. Karena ini UNBK pertama buat kami,” tandasnya. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top