Space Iklan
Pariwara
Kolom

Rumah Baruga, Solusi Pilkada Damai, Oleh : Brigjen Pol Andap Budhi Revianto

KENDARIPOS.CO.IDSulawesi Tenggara adalah rumah kita bersama. Tempat kita menjalani dinamika sosial sehari-hari. Pada tahun 2018 ini, pemilihan gubernur dan wakil gubernur kembali menyapa kita. Dalam dinamikanya, pemilihan kepala daerah di tempat kita berpotensi terjadi berbagai aksi seperti; ujaran kebencian, penyebaran informasi hoax, politisasi Sara, adu domba, dan politik uang. Semua itu merupakan potensi kerawanan yang akan berimplikasi terhadap kondisi Kamtibmas yang tentunya harus kita sikapi bersama. Bagaimanakah kita menyikapinya?

Kami (Polda Sultra) menggunakan istilah “Rumah Baruga” yang sebenarnya bangunan tradisional khas daerah Sulawesi Tenggara. Rumah ini fungsinya sebagai tempat pertemuan untuk mendiskusikan permasalahan secara informal. Wadah mencari solusi dan menyelesaikan potensi konflik sejak dini sehingga diharapkan tidak meluas.

Polda Sultra menginisiasi terbentuknya Rumah Baruga sebagai sarana komunikasi. Wadah sinergitas polisional bersama stakeholder lainnya baik TNI maupun pemerintah daerah. Kami melaksanakan Operasi Mantap Praja Anoa 2018 dalam rangka pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Rumah Baruga ini sebagai wadah dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan yang telah digariskan berupa Satgas Nusantara, Satgas Anti Hoax dan Satgas Money Politic. Esensinya, terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dan damai. Di dalam dinamikanya, pada Rumah Baruga, seluruh stakeholder berkumpul untuk berkoordinasi, bersepakat menyelesaikan potensi kerawanan dan/atau potensi konflik dengan harapan permasalahan tidak meluas. Mekanismenya, akan dilakukan pertemuan secara terjadwal atau insidentil untuk merespon secara cepat permasalahan yang muncul sehingga dapat diselesaikan secara dini.

Rumah Baruga Sulawesi Tenggara sebagai solusi wujudkan pilkada kondusif dan damai. Kesepakatan bersama Baruga Sultra 2018 yakni mewujudkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur kondusif dan damai. Beberapa poin yang menjadi kesepakatan bersama. Pertama, menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjadikan kebhinekaan sebagai sebuah kekuatan bukan sesuatu yang dipertentangkan. Kedua, Menyukseskan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sultra 2018 dengan selalu menjaga dan memelihara kondisi Kamtibmas pada setiap tahapannya sehingga kondusif dan damai.

Ketiga, menjadikan Rumah Baruga Sultra sebagai wadah sinergitas polisional dalam menghasilkan kesepakatan bersama dengan bahu membahu, rukun dan saling menjaga. Keempat, mengoptimalkan langkah-langkah pencegahan melalui koordinasi dan musyawarah sehingga potensi konflik dapat diselesaikan dengan baik sejak dini. Kelima, menindak tegas segala pelanggaran dalam setiap tahapan pilgub Sultra tahun 2018 berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Keenam, menunjuk utusan sebagai perwakilan yang bergabung dalam rumah Baruga Sultra yang berkedudukan di Polda Sultra untuk berkoordinasi dan mengevaluasi pada setiap hari Selasa atau hari tertentu yang bersifat insidentil atau situasional.

Mari kita ciptakan pilgub Sultra yang berkualitas dan bermartabat dalam bingkai suasana damai dan kondusif. Kami berharap partisipasi aktif seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mewujudkannya. (*)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top