Pariwara
Kolaka

MUI Kolaka Tolak Pemilihan Miss Waria

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Surat pengantar permohonan izin yang diajukan ketua waria Sultra pada pihak pemerintah dan aparat hukum untuk menyelenggarakan sejumlah kegiatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Beredarnya izin kegiatan yang akan diadakan Persatuan Waria Sultra di Kabupaten Kolaka pada akhir Februari ini di sosial media, tak direstui Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah itu. “Kegiatan yang sekaligus pemilihan ketua waria Sultra itu kami tidak dukung. Sebab itu sama saja membenarkan penampilan seperti waria. Padahal dalam agama sudah jelas larangannya, laki-laki dilarang berpenampilan seperti perempuan dan sebaliknya,” tegas Ketua MUI Kolaka, DR. KH Zakariah, Minggu (25/2).

Lanjut Zakariah, terkait kegiatan lain para waria seperti pertandingan olahraga, MTQ, hingga kasidah, Ketua STAI Almawaddah Warrahmah tersebut mendukungnya. “Kalau kegiatan pertandingan olahraga atau MTQ itu tidak masalah, karena mengajak pada kebaikan. Yang penting jangan mereka mengajak masyarakat untuk berpenampilan seperti mereka,” sorotnya.

Kapolsek Watubangga, Iptu Muhammad Arman membenarkan jika dirinya telah memberikan izin kepada Ketua Persatuan Waria Sultra atas nama Andi Ida Syam untuk menyelenggarakan kegiatan kontes waria di wilayah hukumnya. “Kami memberikan izin dengan mengacu pada surat pengantar dengan nomor 045/39/II/2018. Surat tersebut telah ditandatangi pihak kelurahan, kecamatan dan Danramil. Tapi, jika ada penolakan, maka kami akan cabut kembali izin itu,” argumennya.

Kegiatan tersebut juga mendapat tanggapan dari Pemkab Kolaka. Asisten I Setkab Kolaka, Muhammad Bakri mengaku telah memanggil Camat Watubangga terkait adanya izin kegiatan waria se Sultra di daerah itu. “Tadi malam saya sudah ketemu Camat Watubangga. Pada prinsipnya beliau tidak setuju. Adapun yang memberikan izin tersebut katanya sekretaris camat tanpa ada konfirmasi padanya. Hari ini pemuka agama bertemu dengan pak camat untuk menolak acara tersebut,” tuturnya, minggu (25/2).

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setkab Kolaka memastikan bahwa izin kegiatan waria tersebut akan dicabut. “Sudah ada konfirmasi dari Camat Watubangga dan Kapolsek, besok izinnya dicabut,” katanya, minggu (25/2). (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top