Pariwara
Metro Kendari

Hidupkan Bank Sampah Butuh Sokongan APBD

Moh.Nur Rasak

KENDARIPOS.CO.ID — Bank sampah sudah digalakkan pemerintah kota Kendari sejak 2015 lalu. Hanya saja metode pengelolaan sampah modern itu tak begitu diminati oleh masyarakat. Padahal berbagai upaya stimulan sudah dilakukan pemerintah melalui Dinas Kebersihan saat itu (kini Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan), tetapi program itu tak juga maksimal dimanfaatkan masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Moh. Nur Rasak membenarkan hal itu. Kata dia, bank sampah yang disediakan setiap kecamatan umumnya sedang pasif. “Animo warga hanya saat pertama diluncurkan saja. Setelah itu seperti tak lagi ada sampah. Padahal sampah di penampungan yang masuk itu ratusan ton tiap hari,” ujar Nur Rasak, Minggu (25/2/2018).

Olehnya itu, tahun ini DLHK Kota Kendari mencoba kembali aktif menyosialisasikan bank sampah itu. Beberapa daerah yang menerapkan hal yang sama sudah dikunjungi. Kesimpulan sementara menurut Rasak, bank sampah di daerah lain bisa bertahan dan aktif karena didukung dengan APBD. “Beberapa pengumpul di sini mengeluh, mereka rugi karena harga barang bekas di Jawa tidak menentu. Kadang-kadang turun begitu cepat, sehingga saat harga satuannya juga ikut diturunkan disini, misalnya dari Rp.1.500 perkilogram menjadi Rp.1000 atau Rp. 500, itulah yang menurunkan semangat,” paparnya.

Makanya jika disokong APBD maka ada ketetapan harga. Memang pemerintah akan berkorban. Tetapi hal itu dinilai tidak masalah untuk menciptakan budaya positif terhadap sampah itu sendiri. “Di Makassar pakai APBD Rp 3 miliar untuk menumbuhkembangkan bank sampah ini,” katanya. DLHK Kota Kendari menurut Nur Rasak akan mencoba mengusulkan itu nantinya. Jika tak bisa di APBD Perubahan maka akan diupayakan di APBD induk 2019. “Kita bisa dimulai dari angka Rp 1 miliar dulu,” tandasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top