Pariwara
Metro Kendari

Hanya Sembilan LBH Terakreditasi di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra telah menuntaskan proses verifikasi dan akreditasi terhadap beberapa Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Tercatat sembilan LBH dinyatakan terakreditasi. Diantaranya, Posbakum ADIN PN Kendari, Posbakum ADIN PTUN Kendari, Posbakum ADIN Muna, Lembaga Bantuan Hukum dan Mediasi Baubau, LBH HAMI Sultra, LBH Sultra Menggugat dan Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum Duta Keadilan Sultra.

Humas Kanwil Kemenkumham Sultra, Nuraini mengatakan 9 LBH yang terakreditasi di wilayah Sultra itu wajib memberikan pelayanan hukum secara gratis kepada masyarakat. Apalagi LBH itu sudah memenuhi syarat untuk beracara. Nuraini menuturkan sejumlah LBH tersebut rata-rata terakreditasi C. Hanya LBH Permata Adil Sultra yang meraih akreditasi A. Meski begitu, tak ada perbedaan yang signifikan antara akreditasi A maupun C, karena secara umum tugas mereka sama yakni memberikan pelayanan hukum secara gratis kepada masyarakat. “Yang membedakan hanya kuota jumlah kasus yang diberikan,” ujar Nuraini, kepada Kendari Pos, Minggu (25/2/218)

Tapi LBH yang sudah terakreditas itu jangan senang dulu. Sebab, Kemenkumham Sultra akan melakukan verifikasi lagi setiap tiga tahun. Verifikasi dilakukan untuk melihat kemampuan dan kelayakan para pengacara yang ada di LBH tersebut. Jika LBH-nya kurang aktif, maka akreditasi dan jumlah penanganan perkara yang diberikan akan dikurangi. “Jumlah LBH yang terakreditas ini masih sama jumlah tahun lalu, yakni sembilan LBH. Belum ada tambahan karena hanya sembilan LBH ini yang masih dianggap sehat,” tambah Nuraini.

Nuraini berharap semua LBH yang terdaftar dan terakreditasi di Kemenkumham Sultra dapat menjalankan tugasnya sebagai pelayan hukum yang baik kepada masyarakat. Karena anggaran LBH itu ada di Kemenkumham. Itulah sebabnya, pelayanan hukum pada LBH itu gratis. Tahun ini pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp 8 miliar. “Kami harapkan LBH agar benar-benar melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dengan profesional,” tutup Nuraini. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top