Pariwara
Kolaka Utara

Ekonomi Kolut Diprediksi Lampaui 10 persen

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Penyemaian bibitan talas jepang dalam rangka revitalisasi kakao sebagai tanaman sela untuk menunjang perekonomian petani di Kolut.

KENDARIPOS.CO.ID — Program revitalisasi kakao yang tengah digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dinilai menjadi solusi peningkatan laju perekonomian di otorita Bupati, H. Nur Rahman Umar. Jika pelaksanaannya sukses di lapangan bisa diprediksi mampu menggerakkan roda ekonomi wilayah itu hingga di atas 10 persen. Kabid Ekonomi dan SDA Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Harsil, menjelaskan, masyarakat Kolut pada umumnya bergerak di sektor pertanian dalam arti luas.

Hasil perkebunan yang merosot tajam menempatkan posisi perekonomian wilayah itu bergerak di angka 7,05 persen pada pendataan akhir 2015 silam. “Alasannya tanaman kakao sebagai komoditas utama terserang penyakit dan sudah tua. Jawabannya, ya revitalisasi,” ujarnya. Data akhir yang dipegangnya menyebutkan jika masih ada tingkat pengangguran 1,95 persen di wilayah itu. Masih ada sejumlah angkatan kerja yang dianggap memganggur meskipun secara fakta sebagian besar membantu orang tuanya bekerja. “Itu masih dianggap ditopang oleh keluarga dan belum mendapat penghasilan sendiri. Makanya dianggap menganggur,” terangnya, akhir pekan lalu.

Namun, dari angka tersebut dibanding tahun sebelumnya terjadi penurunan sebesar satu persen pengangguran di Kolut. Pihaknya yakni Kolut mampu melampaui persentase roda perekonomian tersebut di atas 10 persen. Sebab pada 2012 lalu, mampu menyentuh angka 10,68 persen pertumbuhan ekonomi setempat. “Ketika revitalisasi sukses, persentase perekonomian akan melambung jauh,” optimis Harsil. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top