Pariwara
Buton Utara

Distan Butur Hanya Sanggup Buka 5.000 Hektare Lahan Baru

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Pembukaan lahan baru untuk kawasan pertanian organik yang dilakukan petani di Buton Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Kawasan Hutan di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus digarap secara bertahap. Lahan kosong dibersihkan dan tak boleh ada yang menganggur. Terobosan itu dilakukan untuk menyukseskan program gerakan pertanian organik yang digagas pemerintah dalam kendali Bupati, Abu Hasan bersama Wakilnya, Ramadio. Tugas berat itu diemban Dinas Pertanian (Distan) Butur sebagai instansi teknis.

Tahun ini, organisasi perangkat daerah itu menargetkan bisa membuka 5.000 hektare lahan baru untuk ladang dan persawahan. Jumlah itu, sangat sedikit jika dibandingkan permintaan Kementerian Pertanian. Padahal Butur diberikan target membuka lahan pertanian 21.000 hektare. Sayangnya, tak bisa disanggupi karena tak ada subsidi pembersihan lahan yang dikucurkan pemerintah pusat. Kepala Distan Butur, Ir. Yusuf mengakui ketidaksanggupan pihaknya. “Jadi luas lahan baru yang dibuka tahun ini hanya ditargetkan 5.000 hektare. Kalkulasinya, dengan luas lahan itu hasil pertanian sudah bisa swasembada beras. Bahkan surplus,” hitung Yusuf.

Mantan Camat Kambowa ini mengungkapkan, membuka lahan baru bukan hal mudah. Seharusnya, Kementerian Pertanian tak hanya menyiapkan benih, tapi juga menyalurkan dana subsidi untuk pembersihan lahan. “Bantuan benih saja yang ada. Biaya pembersihan lahan tidak ada,” keluhnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top