Pariwara
Wakatobi

Daftar Tunggu Haji di Wakatobi Hingga 18 Tahun

KENDARIPOS.CO.ID — Selain karena kuota jamaah calon haji (JCH) yang akan diberangkatkan tahun ini mengalami penurunan, masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wakatobi masih harus ekstra sabar. Pasalnya, mulai saat ini daftar tunggu peserta JCH, baik itu Sulawesi Tenggara maupun Kabupaten Wakatobi sudah mencapai 18 tahun.

Kepala Kantor Kemenag Wakatobi, Khalifah, mengungkapkan kuota tahun ini untuk daerahnya hanya 94 orang. JCH yang berangkat tahun 2018 ini rata-rata mendaftar sejak tahun 2010 dan 2011. Jika dihitung, ada yang menunggu hingga tujuh tahun. “Yang mendaftar tahun 2010 sudah semuanya berangkat. Sebagian lagi yang mendaftar tahun 2011 sudah akan diberangkatkan 2018 ini,” ungkapnya, minggu (25/2). Untuk sekarang, daftar tunggu haji di Sulawesi Tenggara hingga 18 tahun termasuk Kabupaten Wakatobi.

“Untuk yang mendaftar hari ini tunggu 18 tahun baru berangkat,” ungkap Khalifah. Sementara itu menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kemenag Wakatobi, H. Zuliakin, mengaku pihaknya hanya bisa berharap ada penambahan kuota. Dengan begitu, bisa mengurangi lamanya daftar tunggu para JCH.

Di Wakatobi saat ini kata dia yang telah mendaftar untuk berangkat ke tanah suci Makkah, menembus angka 2.000 orang. Artinya, jika kuota yang akan diberangkatkan setiap tahunnya hanya berkisar diangka 100-an maka bagi masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran, harus lebih bersabar lagi.

“Ini bukan kita yang menentukan tapi karena terlalu banyaknya yang mendaftar sehingga berpengaruh dengan waktu keberangkatannya,” tutupnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top