Pariwara
Metro Kendari

Waspada Investasi Bodong di Sultra, OJK Bentuk Satgas

KENDARIPOS.CO.ID — Seperti menjadi tren masa kini, masyarakat terlalu mudah tergiur dengan keuntungan instan yang berkedok investasi. Alih-alih dapat keuntungan atau bonus, terkadang duit member yang diinvestasikan pun di bawa kabur.

Nah, baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra menggandeng beberapa lembaga dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi. Pasalnya, OJK Sultra sudah pernah menerima aduan masyarakat terkait bisnis yang diduga investasi bodong. Satgas Waspada Investasi dibentuk guna mencegah masuknya investasi-investasi bodong yang dapat merugikan masyarakat Sultra.

Kasubag Pengawasan Bank I OJK Sultra, Amirudin Muhidu menuturkan Satgas tersebut ini terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan dan pemerintah daerah. Satgas Waspada Investasi ini akan mengidentifikasi setiap jenis usaha-usaha yang dikemas dengan propaganda investasi. Sebab, biasanya masyarakat Sultra sering percaya dengan usaha-usaha investasi yang menawarkan keuntungan, seperti bisnis Multi Level Marketing (MLM). Masyarakat diajak berinvestasi dengan janji dana yang diinvestasikan akan bertambah.

Menurut Amirudin Muhidu, usaha jenis seperti ini terkadang masuk tanpa izin, namun mengklaim telah punya izin. “Ini yang biasa menipu masyarakat. Satgas yang kami bentuk ini, untuk mencegah usaha-usaha ilegal seperti itu,” ujarnya, Jumat (23/2/2018).

Amirudin Muhidu mengatakan lain halnya dengan bisnis MLM yang berizin maka itu tak masalah. Artinya investasi yang dilakukan memang tidak bodong atau layak beroperasi. Namun, terkadang juga banyak usaha investasi bodong. “Kami Satgas bisa saja mengenakan sanksi ketika mendapatkan investasi bodong. Agar ini tidak terjadi, masyarakat Sultra diharapkan meski benar-benar menilai dan melihat jika mengikuti usaha-usaha yang berkedok investasi,” ungkapnya. (ade/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top