Pariwara
Politik

Semua Paslon Telah Serahkan LADK, Roslina Rahim Miliki LADK Terbesar

Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Pasangan Calon (Paslon) Wali kota dan Wakil Wali kota Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau telah menerima Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Pasangan Calon (Paslon) Wali kota dan Wakil Wali kota Baubau. Masing-masing Paslon telah menyampaikan jumlah keaugan awal yang dimiliki untuk selanjutnya digunakan sebagai biaya selama tahapan kampanye berlangsung. Hal itu disampaikan oleh Devisi Hukum KPU Kota Baubau, Edi Sabara.

“Saat ini, seluruh calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau telah menyerahkan LADK. Dana awal setiap calon suda masuk dalam rekening khusus dana kamapnye masing-masing,” kata Edi Sabara saat dikonfirmasi melalui telponya jumat (23/2).

Data KPUD Kota Baubau, jumlah terbesar LADK dari lima kandidat calon walikota Baubau, posisi pertama ditempati oleh Roslina Rahim-La Ode Yasin Mazadu (nomor urut 1) dengan saldo sekitar Rp 150 juta. Kemudian disusul oleh pasangan H. AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse (nomor urut 2) dan Marsela-Ilyas (nomor urut 5) dengan saldo masing-masing Rp 100 juta. Lalu pasangan H. Yusran Fahim-Ahmad (nomor urut 4) dengan saldo sekira Rp 1,1 juta. Kemudian saldo terendah adalah pasangan Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail (nomor urut 3) dengan saldo sebesar Rp 1 juta.

“Ini baru sebatas saldo awal. Semua masih bisa bertambah. Karena ini masih berproses sampai 23 Juli 2018. Jadi kapanpun mereka (calon) bisa memasukan saldo. Yang penting tidak melebihi batas penggunaan dana kampanye. Di mana masing-masing calon dipatok hanya sampai Rp 7,3 miliar,” terang Edi Sabara.

Ia menambahkan, sesuai ketentuan penggunaan dana kampanye harus melalui rekening dana kamapanye. Artinya, setiap calon harus terlebih dulu memasukan dana kampanyenya sebelum menggunakannya. “Dana kampanyenya harus masuk dulu dalam buku rekening. Setelah itu ditarik kembali untuk digunakan. Tujuanya supaya bisa auditor nanti bisa melihat transaksinya. Kemudian antara pengeluaran dan fakta di lapangan (jumlah saldo, red) dapat disinkrongkan. Soalnya kita ini ada pembatasan dana kampanye sampai Rp 7,3 miliar itu,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top