Pariwara
Buton

Polres Buton Ciptakan Kampung Bebas Pemabuk, Jualan Miras Warga Didenda Rp 2 Juta

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengunjungi Pasarwajo, Kabupaten Buton, Kamis (22/2). Orang nomor satu di Polda Sultra ini disambut hangat Plt Bupati Buton, La Bakry (kanan) dan warga Pasarwajo. Kehadirannya di daerah itu dalam rangka meresmikan sekaligus memimpin deklarasi Kampung Bebas Miras.

KENDARIPOS.CO.ID — Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengapresiasi kinerja anak buahnya di Polres Buton. Mereka berhasil “menciptakan” kampung berstatus bebas miras. Yakni di Desa Kondowa dan Desa Dongkala di Pasarwajo. Sebagai bentuk dukungan, Jenderal Andap-begitu biasa dia disapa- “terbang” langsung ke Buton, Kamis (22/2/2018), untuk memimpin langsung deklarasi Kampung Bebas Miras tersebut. Bersamanya ada, Plt Bupati Buton La Bakri, Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam, Kapolres Buton AKBP Andi Herman, forkompimda Buton, tokoh adat, tokoh parabella, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Kondowa dan Desa Dongkala.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Polres Buton. Terutama Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat yang telah bersama-sama bembangun Desa Dongkala dan Kondowa menjadi Kampung Benas Miras,” kata Brigjen Pol Andap. Menurut dia, lahirnya Kampung Bebas Miras sangat penting sebagai percontohan. Sebab dari catatan kepolisian, informasi menyangkut terjadinya tindak pidana kebanyakan berasal dari minuman keras. Tentu butuh komitmen yang kuat dari Polres serta seluruh elemen masyarakat agar bisa terus dipertahankan (status dan realitasnya). “Tanpa ada komitmen, sulit mempertahankannya. Saya harap, ini juga bisa menjadi contoh bagi desa lainnya,” harapnya.

Dia menambahkan, menjaga daerah agar tetap kondusif, salah satunya dengan mencegah peredaran miras. Kalau ini bisa dijaga bersama, maka ke depan Buton bakal semakin nyaman dan kondusif. “Semoga ini bisa disadari bersama,” ujarnya. Pria murah senyum yang belum lama ini dinobatkan sebagai tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat, juga mengapresiasi kemauan masyarakat dua desa untuk mewujudkan Kampung Bebas Miras.

Lebih jauh, dia mengingatkan anak buahnya tentang tantangan kemajuan zaman. Kata dia, di era modern, tugas polisi tidak hanya mengurus miras dan sejenisnya, tapi juga harus proaktif mengawal pembangunan nasional. Misalnya mendukung persoalan pangan. “Jadi tugasnya makin berat. Makanya, harus terus tingkatkan kualitas diri,” ungkapnya. Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengatakan, dengan dideklarasikan Kampung Bebas Miras, pihaknya mengundang seluruh kepala desa, dan tokoh adat. Hal ini dimaksud agar tergugah dan mau mencontoh membuat aturan adat di desa masing-masing sehingga nanti ke depannya bisa diterapkan di desa-desa lain. “Harapan kami tidak hanya dua desa ini yang dideklarasikan sebagai Kampung Bebas Miras, namun desa lain juga,” ucapnya.

Andi menambahkan,  jika masyarakat kedapatan atau ketahuan menjual miras akan dikenakan denda sebesar Rp 2 juta. Nominal ini berdasarkan hasil kesepakatan rapat dewan adat di masyarakat. Kemudian uangnya akan disimpan dan digunakan untuk kepentingan adat, khususnya dalam kegiatan adat. “Jadi dendanya Rp 2 juta kalau kedapatan menjual miras. Uang akan disimpan oleh mereka yang telah ditunjuk. Kemudian uang tersebut bisa digunakam jika ada acara adat di kampung ini,” jelasnya.

Disamping itu, Plt. Bupati Buton La Bakri mengapresiasi dan berteri maksih kepada bhabinkamtibmas Desa Kondowa dan Dongkala, serta Babinsa Kodim 1413 Buton yang terus melakulan terobosan baru. Dari terobosan itu, lahirlah inovasi kreativitas yang dapat membantu masyarakat dan mengangkat nama baik Buton.”Kami dari Pemerintah Daerah tentu salut dan akan membicarakan lebih lanjut. Dua desa ini bisa menjadi model bagi desa lainnya. Kita akan dorong lagi partisipasi masyarakat, tokoh adat, babinsa dan bhabinkamtibmas agar bahu membahu menciptakan Kampung Bebas Miras,” imbuhnya. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top