Pariwara
Politik

Perekrutan Panwascam Masih Tunggu Juknis

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Masa tugas anggota badan adhoc Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) hanya sampai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018. Untuk mengawasi Pemilu 2019 yang tengah berlangsung, Panwaslu akan merekrut perangkat pengawas baru. Bila melihat tahapan, perekrutan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) sudah bisa dilakukan. Namun hingga kini, Panwaslu Bombana, belum menerima instruksi dan petunjuk teknis mengenai seleksi Panwascam.

Ketua Panwas Kabupaten Bombana, Hasdin Nompo mengaku belum membuka perekrutan Panwascam di 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bombana. Pasalnya pihaknya masih menunggu instruksi dari Bawaslu RI. Biasanya, juknisnya tertuang dalam peraturan Bawaslu.

“Belum ada instruksi ini, kami masih menunggu. Bila ada pasti akan kami umumkan. Sebenarnya, bukan hanya di Bombana namun juga disemua daerah belum melakukan perekrutan Panwascam. Jadi posisi kami sama,” paparnya.

Pada seleksi perekrutan Panwascam Pemilu 2019 lanjutnya, pihaknya belum memutuskan metodenya. Apakah menggunakan mekanisme perekrutan ulang atau hanya melakukan evaluasi terhadap Panwascam yang telah terpilih di Pemilu 2018 nanti. “Kami masih menunggu juknis dulu. Apakah hanya melakukan evaluasi atau melakukan perekrutan ulang,” ujarnya.

Bila melihat tahapan, seharusnya perekrutan Panwascam sudah harus dilakukan. Pasalnya, tahapan Pemilu 2019 sudah dimulai. Apalagi tupoksi Panwascam sangat penting untuk mengawasi tahapan Pemilu 2019. Sebab di saat yang bersamaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memulai perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK)

“Seharusnya itu perekrutan PPK oleh KPU harus bersamaan dengan perekrutan Panwascam. Karena peran dan fungsi PPK akan dipantau oleh pihak Panwascam, dalam melaksanakan seluruh proses tahapan Pemilu 2019. Tapi tidak apa kami hanya menunggu instruksi saja. Kini, kami sedang fokus dalam perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan oleh KPU,” tutupnya. (b/kmr)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top