Pariwara
Metro Kendari

Dana BOS Triwulan I Belum Cair

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih harus bersabar untuk menunggu kepastian jadwal cairnya dana tersebut. Hingga akhir Februari ini, tim pengelola dana BOS baik provinsi maupun kabupaten dan kota belum mendapat transfer dana dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita mengungkapkan hingga saat ini dirinya belum menerima instruksi dari pemerintah provinsi untuk menyerahkan dokumen persyaratan pencairan dana BOS itu. Meski begitu, pihaknya sudah meminta kepada tim pengelola dana BOS untuk menyiapkan seluruh berkas pencairan itu. Sehingga saat diminta bisa langsung diserahkan.

“Kita sementara persiapan dalam rangka pemenuhan persyaratan dana BOS. Tapi belum bisa kita serahkan. Belum diminta juga sama provinsi, hanya saja ketika diminta, kita sudah siap,” ujar Sartini Sarita saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/2).

Biasanya lanjut dia, dana BOS triwulan pertama itu dicairkan Februari ini. Makanya pihaknya hanya menunggu informasi saja. Terlebih lagi, tidak ada penambahan jumlah penerima dana BOS. Selama ini hanya 38 sekolah untuk SMP dan 130 sekolah untuk tingkat SD. Sementara SMA masuk dalam pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra. “Tetap jumlah yang dulu. 130 SD dan 38 SMP, SMA kan sudah tidak sama kita lagi,” tukas Sartini Sarita.

Lalu bagaimana pembiayaan operasional sekolah Januari-Februari ini? Soal itu, Sartini mengaku tak ada masalah. Sebab masih ada saldo awal tiap-tiap sekolah. Itu merupakan sisa penarikan anggaran tahun 2017 lalu. “Masih ada direkening sekolah, yang dipakai sekarang dana itu dulu,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Damsid membenarkan memang belum ada pencairan dana BOS. Pihaknya masih harus menghadiri rapat koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Sekarang diundang Dikbud dan BPKAD sekaligus dibahas itu dana BOS, nanti hasilnya saya sampaikan, saat ini belum ada jadwal pencairannya,” ungkapnya. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top