Pariwara
Konawe Utara

Bupati Konut Segera Terbitkan SK Plt Kades

Ruksamin

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Utara, Ruksamin segera menerbitkan surat keputusan (SK) pelaksana tugas sementara (Plt) sejumlah kepala desa yang telah berakhir masa jabatannya sejak berakhir awal Februari lalu. Setidaknya ada 43 kepala desa di wilayah Konawe Utara yang akan diisi Plt. “Dalam satu dua hari sudah akan ada SK Plt, jadi tunggu saja ya,” ujar Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Kamis, (22/2).

Sekadar diketahui untuk di Konawe Utara terdapat 47 desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa pada tahun 2018. 43 desa diantaranya telah berakhir masa jabatannya sejak awal Februari. Sementara empat desa lainnya berakhir pada November 2018 mendatang. Namun akan diikutsertakan dalam gelombang Pilkades tahap ketiga yang rencana akan digelar usai pemilihan gubernur Sultra. Saat ini 43 desa yang telah berakhir masa jabatannya diisi pelaksana harian (Plh) yang ditunjuk pemerintah kecamatan agar pemerintahan ditingkat bawah tidak mengalami kekosongan pemerintahan.

“Tugas pokok dan fungsi camat itu sudah jelas, ada perintah atau tidak. Camat sudah menunjuk Plh kepala desa supaya tidak terjadi kekosongan pemerintahan. Jadi itu salah satu fungsi camat, ini kan kita bicara soal pelayanan pemerintahan sambil menunggu SK Pj dari kabupaten,” ujar Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (DPMD) Konut, Sulkarnain Sinapoi, kamis (22/2).

Mantan Camat Asera itu mencoba menepis isu yang beredar di tengah masyarakat adanya kekosongan pemerintahan desa. Menurutnya, isu yang beredar di luar tidaklah seperti apa yang dibayangkan. “Sebelum masa jabatan kepala desa berakhir, kita sudah antisipasi dengan membuat surat edaran agar camat menunjuk pelaksana harian kepala desa,”ujar mantan Kabag Pemerintahan Umum itu. Untuk jumlah desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 47 desa tersebar pada setiap kecamatan yang ada di Konut.

“Jadwal Pilkades awalnya akan dilangsungkan dibulan Maret, tapi berhubung ada surat edaran dari provinsi maka Pilkadesnya kita undur karena berhubungan akan dilangsungkan Pilgub Sultra. Jadi empat desa yang berakhir masa jabatannya dibulan November sudah bisa kita tarik juga,”ujar Sulkarnain Sinapoi. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top