Pariwara
Hukum & Kriminal

Tersangka Eksploitasi Anak Bertambah di Konawe, 4 Pelaku Kembali Diringkus

Tersangka eksploitasi anak yang lebih dulu diamankan.

KENDARIPOS.CO.ID — Tersangka eksploitasi anak di bawah umur bertambah. Bertambahnya tersangka setelah Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Konawe mengembangkan kasus itu dari tiga tersangka yang ditangkap sebelumnya. Kepada penyidik, tiga tersangka Ekiawal alias Eki (28), Febrianto alias Febi (24), Sarniati alias Sarni (22) mengaku tidak bekerja sendiri. Masih ada empat orang lainnya yang memanfaatkan tiga Anak Baru Gede (ABG) dan menjadikan pelayan pria hidung belang.

Usai mendapat informasi tambahan itu, penyidik unit PPA dibantu tim khusus Satreskrim Polres Konawe bergerak. Tim Satreskrim Polres Konawe berhasil menangkap pelaku berinisial G (26), R (21), CH (21), dan RD (25). Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Iptu Rachmat Zam Zam mengatakan setelah berhasil meringkus tiga tersangka, dan dilakukan pengembangan, timsus kembali menangkap empat tersangka lain. “Tujuh pelaku ini berteman, dan rata-rata ditangkap di rumah masing-masing, masih di wilayah Kabupaten Konawe juga,” ujar Iptu Rachmat Zam Zam, Rabu (21/2/2018).

Ironisnya, empat orang diantaranya ikut telah menyetubuhi korban, dan melakukan eksploitasi. “Korbannya ada tiga remaja, berinisial LS (14), RP (14) , dan SD (14). Mereka bertiga dieksploitasi, tapi yang disetubuhi oleh empat tersangka hanya dua orang,” terang Iptu Rachmat Zam Zam. Menurutnya, tiga tersebut bukanlah warga Kecamatan Unaaha. Awalnya, tiga cewek ABG itu kabur dari rumah, karena sedang ada masalah di sekolahnya. Kemudian mereka ketemu dengan temannya dan minta tolong dicarikan tempat tinggal, lalu mereka dikenalkan dengan tersangka. “Karena tersangka juga tidak punya uang untuk membantu, maka meminta ketiga korban untuk melayani pria hidung belang. Nah, ketiga korban ini juga menerima, alasannya mereka tidak punya uang, butuh makan, tempat tinggal, dan pakaian,” tutur Iptu Rachmat Zam Zam.

Setelah korban pulang ke rumah, dan diketahui oleh keluarganya, orangtua lalu melaporkan kejadian tersebut, sehingga unit PPA langsung mengeluarkan surat penahanan. Unit PPA dibantu timsus yang dipimpin Kasat Reskrim lalu membekuk seluruh tersangka. “Kini semua sudah diamankan di Polres. Sesuai tindakannya, empat tersangka dikenakan pasal berlapis Pasal 81 tentang persetubuhan dengan ancaman 5 sampai15 tahun, dan pasal 82 tentang eksploitasi dengan ancaman 10 tahun penjara, sementara tiga tersangka lain hanya dikenakan pasal eksploitasi anak,” tandas Iptu Rachmat Zam Zam. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top