Pariwara
Buton

Terminal Tipe B Dibangun di Buton

La Eta

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga saat ini Pasarwajo sebagai ibu kota Kabupaten Buton belum memiliki terminal dengan fasilitas memadai. Kondisi ini telah berlangsung sejak roda pemerintahan berpusat di Kompleks Perkantoran Takawa, Kecamatan Pasarwajo, Agustus 2016 lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dalam kendali Plt Bupati, La Bakry sempat membangun terminal di kawasan Pasar Sabo dan Kaloko pada akhir tahun 2016. Namun, tidak berlangsung lama, terminal tersebut sudah tak tertata dengan baik.

Dengan kondisi tersebut, kini Pemkab Buton sedang menggagas pembangunan terminal dengan fasilitas lengkap berlokasi di titik nol, Tugu Aspal, Kelurahan Wasaga, Kecamatan Pasarwajo. Dinas Perhubungan telah mengusulkan pembangunan terminal tipe B tersebut. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton, La Eta, membenarkan jika terminal yang akan dibangun tersebut menyerap anggaran hingga Rp 20 miliar dan APBD Provinsi Sultra 2018.

Awalnya, rencana pembangunan terminal tersebut sudah dimulai sejak medio 2017. “Saat ini sementara pengurusan dokumen,” kata, La Eta, ditemui di Kantor Bupati Buton, rabu (21/2). Ia menjelaskan, untuk pengurusan dokumen pihaknya telah menyiapkan dana sesuai daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) sebesar Rp 400 juta dari dana insentif daerah (DID). Sedangkan untuk pengurusan pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL) diplot Rp 250 juta. “Dana itu semua berasal dari anggaran provinsi,” jelasnya. Untuk tahap pertama, akan dilakukan penimbunan. Baru kemudian dilakukan pengerjaan secara fisik. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top