Pariwara
Metro Kendari

Regional IV BKN Makassar Tempatkan Personel di BKD Sultra

SIDANG : Ke depan, ASN tak perlu repot-repot terbang ke Regional BKN IV Makassar untuk mengurus kenaikan pangkat. BKD Sultra sudah bekerjasama dengan BKN IV Makassar untuk membuka sidang kepangkatan di Sultra. Tampak Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi membuka rapat koordinasi sidang kepangkatan yang menghadirkan seluruh utusan dari BKD tingkat kabupaten dan kota, Rabu (21/2). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar baik bagi seluruh Aparaut Sipil Negara (ASN) di 17 kabupaten dan kota di Sultra. Untuk urusan kepangkatan dan urusan kepegawaian lainnya kini bisa diproses di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra. Jika selama ini pengurusan pangkat, ASN biasanya harus terbang ke Kantor Regional IV BKN Makassar.

Tapi, saat ini Kantor Regional IV BKN Makassar akan menempatkan personel dan teknisinya di BKD Sultra. Itu setelah BKD Sultra menjalin kerja sama dengan Kantor Regional IV BKN Makassar. Itu artinya, jalur birokrasi lebih efektif akan ditempuh para ASN bila berurusan.

Kemudahan itu disosialisasikan melalui rapat koordinasi sidang kepangkatan yang menghadirkan seluruh utusan dari BKD tingkat kabupaten dan kota. Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi usai membuka acara itu mengungkapkan BKD Sultra sudah punya Simponi Bahteramas untuk memudahkan pelayanan pada ASN selama ini. Sehingga urusan dokumen ASN sudah lebih mudah. “Memang saat ini sudah tidak zaman ya menggunakan dokumen fisik itu. Kalaupun diperlukan hanya sewaktu-waktu saja. Saya apresiasi itu dijalankan oleh BKD,” ujar Teguh Setyabudi, Rabu (21/2).

Soal proses kenaikan pangkat yang sudah lebih mudah dilakukan itu juga menurut Dirjen Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri ini perlu disambut postitif oleh semua ASN. “Biar lebih gampang lagi, verifikasinya dilakukan lebih cepat, sehingga begitu masuk kenaikan pangkat sudah tidak ada masalah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BKD Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan sidang kepangkatan yang dihadirkan di Sultra diinisiasi dari temuan-temuan masalah yang selama ini dihadapi PNS.”Selama ini kan, setiap instansi ramai-ramai membawa berkasnya ke BKN. Kalau ada yang salah atau kurang maka pasti bolak-balik lagi. Ini masalah setiap periode kenaikan pangkat selalu terjadi,” ungkapnya.

Olehnya itu, sidang kepangkatan yang bisa digelar di provinsi jelas mempermudah bahkan mengefisienkan waktu pengurusan bagi pegawai maupun instansi. “Kalau ada disini lebih dekat dan lebih efisien, walaupun ada paperline selama ini, tetap kita butuh juga dokumen asli untuk sekedar diverifikasi. Disini bisa langsung pendampingan, berhadapan langsung dengan pengelolanya,” katanya.

Lebih dari itu, salah satu manfaat mendekatkan pelayanan sidang kepangkatan itu juga bisa berdampak pada lebih cepat dilakukannya penyesuaian gaji. “Kalau naik pangkat bulan April, maka gajinya bisa langsung menyesuaikan,” tambahnya.

Untuk diketahui dalam satu tahun daerah mengusulkan dua kali kenaikan pangkat yakni periode April dan Oktober. Di Pemprov Sultra, setiap periode rata-rata ada 2.000 ASN yang mengusulkan kenaikan pangkat. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top