Pariwara
Politik

Panwas Buton Pantau Gerak-Gerik ASN

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Larangan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak berpolitik praktis sudah kerap disosialisasikan. Bahkan, surat ederah kepala daerah menghimbau pegawai negeri sipil agar tak ikut-ikutan memenangkan calon tertentu telah diteken. Tak ingin lengah, Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Buton Utara (Butur) tetap memantau gerak-gerik abdi negara selama masa kampanye menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Kendati sejauh ini belum ada ditemukan ASN yang ‘mbalelo’. Panwas Butur tetap mengerahkan perangkatnya dengan kekuatan penuh mulai tingkat kecamatan hingga desa semua mengintensif pengawasan untuk memastikan jalannya Pilgub tanggal 27 Juni 2018 berjanlan lancar tanpa dinodai adanya kecurangan, pegawai negeri sipil terlibat politik praktis memenangkan calon tertentu.

Koodinator Divisi Pengawasan , Sosialisasi, dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Butur, Hazamuddin menuturkan, belum menemukan aparatur sipil negara terlibat politik praktis sejauh ini. Kendati demikian, pengawasan dimasa kampanye calon gubernur dan wakil gubernur diperketat. Titik-titik kampanye telah dikantongi, panwas tetap akan bekerja ekstra untuk melakukan pengawasan sebagaimana regulasi yang ada.

“Surat edaran Bupati terakait netralitas ASN telah diterbitkan. Pegawai negeri sipil diminta netral dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur sultra mendapatkan respon yang bagus dari kepala daerah,” ujar Hazamuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/2)

Pegawai DPRD Butur non aktif ini menghimbau, jika ada temuan masyarakat mencurigai pegawai negeri sipil berpolitik praktis dengan cukup bukti segera laporkan. Panwas tetap akan menerima dan menelaah laporan itu apakah layak atau tidak. “Identitas pelapor tetap dirahasiakan,” ungkapnya.

Tak hanya pegawai negeri sipil, kepala desa juga menjadi objek pengawasan panwas. Menurutnya, sangat rentan melakukan politik praktis. Olehnya itu, pengawasan akan diintensifkan disetiap desa-desa. “Pengawas Lapangan di desa sudah kami kerahkan untuk mengawasi gerak-gerik kepala desa. Jangan sampai terlibat dalam politik praktis,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top