Pariwara
Politik

Konvoi Kampanye Wajib Pakai Helm

AKP Jumiran

KENDARIPOS.CO.ID — Semarak pesta demokrasi bukan menjadi alasan tidak menaati aturan lalu lintas. Tak heran, konvoi para simpatisan kerap tidak menggunakan helm. Padahal aturan mewajibkan setiap pengendara wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memakai helm.

Belajar dari berbagai pengalaman pemilihan kepala daerah (Pilkada) di berbagai daerah, Polres Konawe mengimbau kepada seluruh masyarakat utamanya simpatisan dan pendukung pasangan calon (Paslon) supaya tetap mematuhi aturan berkendara saat masa kampanye.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Lantas AKP Jumiran mengatakan keselamatan berkendara saat kampanye menjadi perhatian kepolisian. Atas dasar itu, pihaknya menyurati masing-masing paslon agar mematuhi beberapa imbauan selama masa kampanye berlangsung. “Semua ini dilakukan untuk menciptakan suasana aman dan tertib di lingkungan masyarakat selama tahapan Pilkada 2018,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh simpatisan Paslon bupati yang menggunakan kendaraan roda dua harus tetap menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) selama kampanye. “Sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 8 bahwa setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm yang memenuhi SNI. Aturan harus tetap dipatuhi dalam keadaan apapun, demi keselamatan bersama,” terangnya.

Lanjut dia, simpatisan juga tidak boleh menggunakan knalpot yang menimbulkan suara bising, atau biasa disebut bogar. Karena hal ini bisa mengganggu ketertiban umum sebagaiman diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 285 Ayat 2 Jo, Pasal 106 Ayat 3 Jo, Pasal 48 Ayat 2.

“Peserta kampanye juga tak boleh menggunakan truk tronton, truk atau atau bak terbuka atau sejenisnya. Untuk memuat orang dan anak-anak karena bukan pada peruntukannya. Hal ini berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 303 Jo Pasal 137 Ayat 4 Huruf a, b dan c,” jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa imbauan tersebut supaya semua pihak termasuk peserta Pemilu bisa ikut mendidik masyarakat, khususnya generasi muda agar selalu tertib dalam berlalulintas. “Ini tujuannya agar kita bisa meminimalisir kecelakaan lalulintas dan menciptakan suasana yang selalu kondusif di Konawe,” pungkas Jumiran.(b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top