Pariwara
Buton Tengah

Inspektorat Buteng Usut Indikasi Penyimpangan DD Moko

Maiynu

KENDARIPOS.CO.ID — Inspektorat Buton Tengah (Buteng) sementara mendalami kasus dugaan penyimpangan dana desa (DD) yang terjadi di Desa Moko, Kecamatan Lakudo. Kasus dugaan pengurangan volume dalam penimbunan Bungi Beach, dinilai tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB). Olehnya itu, Inspektorat akan segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan kebenaran dugaan korupsi pengelolaan DD tersebut.

Kepala Inspektorat Buteng, Maiynu, mengatakan, informasi dugaan korupsi di Desa Moko itu diperoleh melalui Himpunan Mahasiswa Desa Moko yang melakukan aksi demonstrasi beberapa waktu lalu. Pihaknya berjanji akan mendalami kasus itu agar dapat melahirkan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan. “Rekomendasi akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan penanganan kasus ini. Kami akan segera memanggil perwakilan massa untuk dimintai keterangan lebih lanjut terkait dugaan korupsi yang terjadi di Desa Moko,” ungkapnya, rabu (21/2).

Selain itu, Inspektorat juga telah mengumpulkan data awal untuk mendalami kasus tersebut. Selain melihat langsung kondisi Bungi Beach, auditor Inspektorat juga telah mengantongi RAB penimbunan yang dilakukan di Desa Moko. Dengan demikian, inspektorat bisa melihat kesesuaian antara desain dengan realisasi di lapangan. “Kita perhatikan kasus ini apakah memang ada indikasi korupsi atau tidak. Kami akan menuntaskan semua informasi yang ada, kecuali jika sudah ditangani aparat kepolisian,” tandas Maiynu.

Untuk diketahui, sebelumnya massa melalui Koordinator Lapangan Ibrahim, menuding ada
penyimpangan dalam pengelolaan DD. Salah satunya, adalah penimbunan Bungi Beach dengan anggaran Rp 675 juta. Sementara dalam tertera jika volume kegiatan setinggi dua meter, namun kenyataan yang terlihat hanya setinggi 1,2 meter. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top