Pariwara
Politik

Ingat ! Tak Serahkan SK Mundur, Calon Langsung Dicoret

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah berstatus PNS, anggota DPRD dan TNI-Polri belum sepenuhnya bisa tenang. Sebab, mereka masih harus menyerahkan surat keputusan (SK) resmi pengunduran diri dari pimpinan instansi masing-masing. Sesuai ketentuan aturan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi waktu maksimal 30 hari sebelum pemungutan suara harus menyerahkan SK mundur. Jika lewat, maka bakal dicoret dari pencalonan.

Di Pilgub Sultra, hanya Lukman Abunawas berstatus PNS. Sementara di pilkada Konawe, ada Muliati Saiman (anggota DPD RI), Litanto (angota DPRD Sultra), Guslin Topan Sabara (DPRD Konawe). Kemudian di pilwali Baubau, ada Ikhsan Ismail (DPRD Sultra), Roslina Rahim (DPRD Baubau) dan lainnya. Sementara di pilkada Kolaka, ada Syahrul Beddu (DPRD Sultra) dan Asmani Arif (PNS pemkab Kolaka).

Ketua KPU Provinsi Hidayatullah menjelaskan, batas akhir penyerahan SK pemberhentian tetap dari instansi masing-masing paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara. “Kita tunggu saja, masih ada waktu. Lagi pula pengurusannya juga pasti membutuhkan waktu,” kata pria yang karib disapa Dayat ini, Rabu (21/2/2018). Lanjut Dayat, sejatinya calon dari kalangan PNS, TNI-Polri dan legislatif sudah mundur dari jabatannya. “Saat mendaftar sudah mundur. Tinggal kita tunggu SK resminya,” ungkapnya.

Sudah mundur, lanjut dia, secara otomatis penyalahgunaan terhadap kekuasaan yang dimiliki, sudah tidak bisa lagi dilakukan. “Mereka tak lagi punya kuasa. Jika, sampai batas waktu diberikan, tak ada SK mundur, maka mereka akan dicoret dari daftar calon,” imbuhnya. Sementara itu, beberapa calon berstatus anggota DPRD maupun PNS mengaku sudah memproses SK mundur. “Sedang diproses, pastinya sebelum pemilihan sudah ada,” ujar Muliati Saiman, anggota DPD RI. Cabup Kolaka, Asmani juga mengaku sudah memproses surat pengunduran diri. Sama halnya, calon lain, dirinya juga sangat yakin tidak akan lewati deadline yang diberikan KPU. “dalam waktu dekat keluar. Masih berproses sekarang,” katanya. (b/yog)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top