Pariwara
Kolaka Utara

DLH Kolut Prioritaskan Armada Pengangkut Sampah di Lapai

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
DLH Kolut terus menambah sarana kebersihan lingkungan dengan mengadakan armada pengangkut hingga pembuatan bak penampungan sampah.

KENDARIPOS.CO.ID — Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh warga Lapai, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di jalur Trans Sulawesi kadang menutupi separuh badan jalan. Pemandangan yang sekaligus menebar aroma kurang sedap itu membuat pemerintah harus turun tangan. Salah satu solusinya, dengan menambah armada pengangkut sampah yang diprioritaskan melayani wilayah tersebut. Tahun 2018 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut akan mengadakan lima unit kendaraan pengangkut roda tiga dan satu unit armada truk yang bisa mobile ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala DLH Kolut, Samsu Rijal, melalui Sekretarisnya, Muh. Asdar, menjelaskan, armada yang diadakan tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dengan besaran Rp 500 juta. Lapai menjadi wilayah prioritas karena banyak keluhan khususnya pengguna jalan yang melintas menyaksikan tumpukan sampah. “Nanti akan diatur sesuai kebutuhan. Apakah semua kendaraan ditempatkan di sana atau sebagian saja jika dianggap sudah mencukupi,” ujarnya, Rabu (21/2).

Selain armada, DLH jika akan merekrut tambahan 15 petugas kebersihan untuk ditempatkan di wilayah tersebut. Saat ini DLH diperkuat 178 petugas kebersihan pada beberapa wilayah, khususnya Lasusua sebagai ibu kota kabupaten. Di sana juga telah tersedia tempat pengelolaan sampah 3R (reuse, reduce dan recycle) dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun 2016 lalu. Namun fasilitas tersebut dikelola secara langsung Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang belum diketahui apakah sudat tuntas atau belum. “Sebab pengerjaan TPS 3R tersebut sebelumnya tidak dituntaskan Satker yang lama hingga berganti penanggung jawab. Sering saya hubungi pihak penanggung jawab, tapi belum dilaporkan juga untuk penyerahannya,” beber Asdar. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top