Pariwara
Metro Kendari

Dishut Minta Warga Tinggalkan Tahura, Jaringan Listrik akan Diputus

Warga Tahura yang akan direlokasi.

KENDARIPPOS.CO.ID — Masyarakat Kelurahan Punggaloba yang mendiami kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nipanipa kembali didesak untuk meninggalkan hutan konservasi itu. Surat perintah pengosongan sudah dilayangkan oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sultra ditujukan kepada 221 KK melalui lurah setempat. Meski tak memberikan batas waktu, namun pemerintah meminta proses pindah disegerakan. Sebab, dalam waktu dekat jaringan listrik di lokasi yang populer disebut “kampung baru” itu akan segera diputus.

Kepala Dinas Kehutanan Sultra, Ir. Subandriyo membenarkan hal itu. Kata dia, pemerintah ingin secepatnya masyarakat meninggalkan lokasi itu. Sebab, tuntutan masyarakat untuk disediakan hunian baru sudah dipenuhi. Kawasan perumahan Purirano sudah siap ditempati sejak akhir tahun lalu. “Tim terpadu sudah berupaya untuk mengajak warga secepatnya pindah. Bahkan sudah ada surat dari gubernur beberapa waktu lalu supaya listrik disana ditarik. Sebab sejak awal, pemerintah hanya memberikan izin pemasangan untuk sementara saja saat itu,” ujar Subandriyo, Rabu (21/2/2018).

Dia mengaku cukup memahami warga yang menolak untuk pindah. Sebab kawasan itu dihuni sejak tahun 1991. Tetapi menurutnya, masyarakat juga harus paham jika kawasan itu adalah hutan lindung yang tidak bisa dialihfungsikan menjadi hutan produksi. “Kita tidak bisa berbuat banyak kalau masyarakat terus menolak. Memang tempat itu sudah dilarang keras ada aktivitas disana, karena masuk hutan konservasi,” tambah Subandriyo.

Lebih lanjut, Subandriyo menegaskan pemerintah tidak ingin melibatkan aparat untuk mendesak warga pindah. Akan lebih baik kata dia, warga berinisiatif pindah di kawasan relokasi yang sudah siap huni. “Saya tidak mau komentari soal rumahnya, kepemilikannya, yang jelas kita ada tim terpadu, dan kita harus kosongkan itu,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top