Pariwara
Politik

Coklit Data Pemilih Muna Molor

Ilustrasi Coklit

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pencoklikan data pemilih di Muna masih terus dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Jadwal semula yakni 18 Februari terpaksa molor dikarenakan beberapa kendala teknis dilapangan. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna menjamin jika keterlambatan itu tidak akan menghambat proses penetapan data pemilih nantinya.

Komisioner KPUD Muna, Yuliana Rita mengatakan beberapa PPDP terpaksa meminta waktu tambahan karena pendataan masih harus diverifikasi ulang. “Misalnya di Kecamatan Parigi, PPDP minta waktu karena sebelumnya ada kesalahan penulisan data. Jadi sampai saat ini prosesnya masih berlangsung,” jelasnya.

Kendati demikian, data penduduk pemilih potensial (DP4) yang diserahkan dari Kementerian Dalam Negeri sudah sebagian besar tercoklit. Saat ini, proses penyusunan data masih berlangsung di tingkat panitia pemungutan suara. “Penyusunan sampai tanggal 4 Maret,” tambahnya.

Diketahui, di Muna sendiri sebanyak 563 PPDP sudah mulai pencoklitan sejak 30 Januari lalu. PPDP akan melakukan pencocokkan satu per satu data calon pemilih. Data tersebut meliputi, usia, alamat, status pernikahan dan kaum difabel. “By name by adrees pencoklikannya. Jadi butuh waktu tidak singkat,” urainya.

Untuk hasil pemutakhiran data sendiri akan ditetapkan pada 13 sampai 19 April mendatang. Dengan demikian, jumlah DPT Kab. Muna yang pada Pilbup 2015 lalu sebanyak 162.607 orang, atau yang berdasarkan DP4 DP4 sebanyak 158.097 orang, masih bisa berubah. “Berapa DPT Muna untuk Pilgub, hasilnya ditetapkan April nanti,” pungkasnya. (b/Ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top